Senin, 31 Januari 2011

KSP Cinta Damai Rintis Koperasi Konvensional Menjadi Syari’ah

Camat Bayan (tengah) didamping Dinas Dinas Koperasi
Lombok Utara - Seriring dengan perkembangan permodalan yang terus meningkat, sejak bulan Agustus tahun 2010 lalu, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Cinta Damai yang berdiri di Dusun Ancak Timur Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, merintis perubahan system koperasi yang bersifat konvensional menjadi system Syari’ah.

Hal tersebut dikatakan Ketua KSP Cinta Damai, Suwarto, Spd dalam laporannya pada Rapat Anggauta Tahunan (RAT) 31/1 di kantor koperasi setempat. Menurut Suwarto, sistem ini dilengkapi dengan program administrasi computer syari’ah, yang dasari dengan pertimbangan bahwa moyaritas penduduk Lombok Utara beragama Islam, sehingga perlu adanya lembaga keuangan syari’ah yang sesuai dengan tuntunan ajaran Islam.

“Landsan dalam mengembangkan lembaga keuangan syari’ah adalah kitab suci Al-Qur’an dan Al-Hadst serta kaedah hokum fiqih, sehingga pengurus, pengawas dan anggota sepakat untuk mengembangkan koperasi syari’ah dengan motto ‘menggapai syari’ah menuai berkah’”, jelasnya.

Pada tahun 2010, KSP Cinta Damai juga telah mendapat piagam penghargaan dari bupati KLU, sebagai koperasi yang sehat dan mandiri. “Penghargaan ini patut kita syukuri karena koperasi kita dinilai baik. Dan ini tentunya berkat kerjasama , kejujuran dan kesungguhan dari seluruh pengurus, karyawan dan anggota itu sendiri dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan KSP Cinta Damai”, tegas Suwarto.

Suwarto lebih lanjut mengatakan, bahwa pelayanan kepada anggota terus ditingkatkan baik dari segi keuangan maupun keramah tamahan dan kekeluargaan, karena hal tersebut menjadi cirri khas utama bagi pengurus, sehingga masyarakat banyak menyimpan sebagian rezekinya secara sukarela.

Sementara Ketua Badan Pemeriksa KSP Cinta Damai, Yartip dalam kesempatan tersebut menyampaikan hasil pemeriksaannya yang secara umum dinilai cukup bagus, baik dibidang administrasi, keuangan maupun dibidang usaha dan permodalan.

“Secara umum perkembangan KSP Cinta Damai cukup baik dan mengalami peningkatan yang luar biasa. Dan hal tersebut tentunya karena adanya upaya dan kerja keras serta kejujuran pengurus dan karyawan dalam mengelola keuangan koperasi, sehingga kepercayaan masyarakat semakin meningkat”, kata Yartip.

Kendati secara umum KSP Cinta Damai yang berbadan hokum No. 523/BH/KDK.23.1/VIII/2005 telah mengalami peningkatan, namun semua pengurus menyadari bahwa selama tahun buku 2010 tentu belum dapat memuaskan semua anggota dan calon anggota. Karenanya penguruspun tetap terbuka untuk menerima kritik dan saran yang bersifat membangun.(Ari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar