Jumat, 20 September 2013

Penyalahgunaan Narkotika di NTB, pada Usia Remaja Semakin Meningkat

Anggraini Ninik Murnihati SH MH, Kasi Advokasi BNP NTB
MATARAM - "Jumlah penyalahgunaan narkotika di wialayah NTB, setiap tahunnya semakin meningkat. Bahkan kini sudah mulai meracuni anak remaja usia sepuluh tahun, menjadi korban penyalahgunaan narkotika, terlebih lagi kalangan pelajar tingkat sekolah menengah pertama (SMP)," kata Anggraini Ninik Murnihati SH MH, Kasi Advokasi BNP NTB di Mataram, Rabu kemarin.

Menurutnya, hasil data Badan Narkotika Pusat (BNP), untuk penyalahgunaan narkotika di NTB pada tahun 2012 sebanyak 1,2 persen atau sebanyak 59.955.000 jiwa. Sementara untuk tahun 2013 belum ada data lengkapnya, namun data sementara menunjukkan jumlah pengguna meningkat dari tahun sebelumnya.

"Untuk kabupatena/kota yang terbanyak pelaku pengguna narkotikanya yaitu kota Mataram, dan didominasi oleh pengguna usia pelajar", ungkapnya

Sehingga, lanjut Anggraini, upaya BNP NTB untuk menekan angka penyalahgunaan narkotika, dengan terus melakukan sosialisai secara intensif dan komprehensif membentuk kader-kader penyuluh. Para kader tersebut sebagai perpanjangan tangan agar bisa mencapai pelosok kampung untuk melakukan sosialisasi atau penyuluhan.

"Sosialisasi dilakukan dengan mengundang para kepala desa, kami juga sering di undang dan selalu hadir meskipun itu di pelosok kampung sebagai pembicara, dana kegiatan itu merupakan inisiatif kelompok masyarakat", ungkapnya.

Ia berharap kepada masyarakat dalam melakukan kegiatan sosialisasi penyalahgunaan narkotika agar mengundang pembicara dari pihak BNP.

"Kami siap hadir jika diundang dan dibutuhkan sebagai pembicara tentang penyalahgunaan narkotika di mana pun tempatnya", imbuhnya dan minta kepada masyarakat selalu berperan aktif terhadap pecegahan, pembarantasan dan peredaran gelap narkotika. (imam) link: www.mataramnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar