Senin, 23 Februari 2015

Akibat Angin Kencang Ratusan Pohon Tumbang

Lombok Utara - Angin yang bertiup kencang pada hari Sabtu (21/2) di Kabupaten Lombok Utara (KLU) mengakibatkan ratusan pohon tumbang.Mulai dari jalur Senggigi menuju ke Pemenang berbagai jenis pohon tumbang ke tengah jalan sehingga menggangu kelancaran lalu lintas.Begitu juga jalur dari Pemenang menuju ke Gangga banyak pohon yang tumbang ke jalan maupun areal persawahan.

“Ratusan pohon tumbang akibat tiupan angin yang cukup kencang pada hari Sabtu,” kata Kepala Sekretaris BPBD KLU Nartodi S.Sos kemarin.

Menurutnya sebuah pohon yang cukup besar tumbang di dekat kantor Pos Gangga sehingga menimbulkan kemacetan.Begitu juga sebuah pohon randu yang cukup besar juga tumbang ke areal persawahan.Untuk menanggulangi banyaknya pohon tumbang tersebut beberapa petugas mulai dari BPBD,kepolisian dan Pol PP membantu untuk membersihkan areal jalan dari pohon tumbang tersebut.

Lebih lanjut dikatakan,tiupan angin kencang hampir terjadi di semua wilayah KLU hanya saja ada 3 kecamatan yang banyak terjadi pohon tumbang yaitu di kecamatan Pemenang,Tanjung dan Gangga. Tiupan angin kencang juga melanda Kecamatan Kayangan dan Bayan namun tidak banyak terjadi pohon tumbang.

“Sementara pohon tumbang di luar areal jalan kita tidak tahu berapa jumlahnya seperti yang terjadi kawasan perkebunan dan hutan,’jelasnya.

Terhadap adanya kerusakan terhadap bangunan rumah dari data yang ada beberapa rumah mengalami kerusakan pada bagian atapnya seperti yang terjadi di dusun stangi,selanjutnya di dusun Telok Borok Desa Malaka sekitar 20 rumah rusak,tiga rumah rusak di dusun Teluk Kombal Desa Pemenang Barat.Sementara di Pemenang Timur ada 6 rumah yang rusak yaitu di dusun Karang Baru dan Karang Petak.

Pihak BPBD KLU  saat ini masih ini masih mendata secara pasti berapa rumah yang rusak akibat tiupan angin kencang yang rata-rata rusak pada bagian atapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar