Minggu, 13 Maret 2011

Pipa Air Bersih Jebol, Warga Minum Air Hujan

Salut, Lombok Utara - Bencana banjir dan longsor yang melanda Desa Salut Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara, menyebabkan pipa air bersih yang terpasang di sumber mata air Mursemalang jebol, sehingga warga setempat terpaksa minum air hujan.

Sainur, salah seorang stap desa Salut mengatakan, hujan yang turun hampir setiap hari berdampak terjadinya banjir dan longsor, sehingga pipa air bersih yang masuk ke rumah warga jebol sepanjang 150 meter, akibatnya sebanyak 1.873 kepala keluarga, terpaksa mengkonsumsi air hujan untuk minum dan memasak, sehingga banyak yang mengalami penyakit diare

Yang merasakan dampak langsung dari jebolnya pipa ini, lanjut Sainur, yaitu sebanyak Sembilan dusun di wilayah Desa Salut , dengan 1.073 KK dan enam dusun lainnya di wilayah Desa Selengen, dengan 800 KK.
Beberapa warga Salut Barat, mengaku, bahwa sejak saluran air terkena bencana akibat banjir yang terjadi beberapa waktu lalu, air bersih tidak lagi mengalir ketempatnya, “Kami terpaksa menggunakan air hujan untuk minum, memasak, mencuci dan untuk keperluan lainnya”, ungkap warga.

“Kondisi ini sebenarnya sudah diantisipasi dengan mengadakan perbaikan pipa yang terbawa banjir, termasuk juga para pekasih turun memperbaikinya menggunakan alat seadanya. Namun akibat hujan turun terus menerus, sehingga kembali terjadi kerusakan”, jelas salah seorang stap desa Salut yang enggan dipublikasikan namanya.

Warga mengharapkan, dinas terkait dalam hal ini Dinas PU dan Kesehatan untuk segera membantu warga memperbaiki pipa air bersih ini serta memperhatikan masalah kesehatan masyarakat yang terkena dampak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar