Sabtu, 01 Mei 2010

Perbaikan Perpipaan Belum Ada Respon

Lombok Utara (Primadona) - Usulan Warga masyarakat Dusun Dasan Treng Desa Akar-Akar Kecamatan Bayan, untuk perbaikan perpipaan air bersih hingga saat ini belum mendapat respon dari Pememerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Utara.

Keluhan tersebut diampaikan oleh Kitanep, salah seorang tokoh masyarakat Desa Akar-Akar, pada Primadona (30/4) kemarin. Menurutnya, masyarakat sejak beberapa bulan lalu mengalami kekurangan air bersih disebabkan banyaknya pipa yang tergerus air pada musim hujan tahun ini. Akibatnya air bersih yang mengalir kepada warga menjadi kecil, sehingga seringkali menimbulkan konplik di kalangan masyarakat.

Melihat hal tersebut, lanjut Kitanep, beberapa tokoh masyarakat sudah membuat usulan ke Pemkab LU, dan dimasukkan melalui Asisten II bupati dan Setda Lombok Utara. “Namun usulan masyarakat, hingga berita ini diturunkan belum ada respon dari Pemkab”, kata Kitanep.

“Padahal air bersih ini merupakan kebutuhan pokok masyarakat, yang perlu mendapat perhatian serius dari Pemkab Lombok Utara. Dan masyarakat setempat sebenarnya sudah berusaha berswadaya, namun karena mebutuhkan biaya puluhan juta rupiah, sehingga masyarakat tidak mampu memperbaikinya”, jelas Kitanep yang juga anggota BPD Desa Akar-Akar ini.

Sumber air bersih ini sendiri diambil dari kali Murus Malang Desa Akar-Akar, yang jaraknya puluhan km dari tempat tinggal penduduk. “Kami memasukkan usulan bersamaan dengan perpipaan di Desa Mumbulsari, tapi yang mendapat respon dan sudah di survey oleh dinas terkait di KLU hanya desa Mumbulsari saja, sementara desa Akar-Akar, belum ada tanggapan”, kata Kitanep sedih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar