Rabu, 02 Desember 2009

Calon Bupati KLU Harus Penuhi Tiga Kriteria

Lombok Utara -  Siapapun yang menjadi calon bupati dan wakil bupati Lombok Utara seharusnya memenuhi tiga kriteria yaitu “Gumi saking Adat Gama”.

Penegasan tersebut disampaikan Tokoh Muda Adat Bayan, Raden Jambianom pada PRIMADONA LOMBOK (2/12) kemarin di kantor UPKD Desa Bayan Kecamatan Bayan-KLU. Menurutnya, siapapun yang mencalonkan diri sebagai KLU I dan II harus memenuhi kriteria Gumi saking Adat Gama. Artinya pemimpin yang mengetahui “Bumi”, dia akan tau bagaimana cara mengembangkan dan memelihara sumber daya alam (SDA).

KLU sendiri, lanjut Jambianom memilik SDA yang cukup luas, seperti lahan pertanian, pariwisata, laut dan hutan. “Hanya saja pengelolaan SDA ini yang belum merata sampai ke tingkat bawah. Padahal jika potensi ini dikelola dengan baik tentu akan mampu meningkatkan perekonomian dan penghasilan masyarakat”, katanya.

Demikain juga dengan “Adat” dimana KLU dikenal dengan masih lestarinya budaya adat yang masih kuat. Dan jika ini dekelola dengan baik tentu akan dapat menarik para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. “Adat dan budaya itu sangat perlu dilestarikan, karena itu termasuk khasanah budaya yang tak ternilai harganya yang dimiliki oleh KLU. Begitu juga dengan agama harus terus-menerus didakwahkan sehingga masyarakat sadar akan kewajibanya menjalankan perintah agama yang dianutnya” ungkapnya.

Jika ketiga kriteria tersebut sudah terpenuhi, maka siapapun calonnya patut mendapat dukungan dari masyarakat. “Tapi kalau ketiga kriteria (Gumi saking Adat Gama-red) tidak dimiliki oleh para kandidat calon KLU I dan II sebaiknya tidak usah didukung atau bila perlu tidak usah mencalonkan diri”, tegasnya.

Ketika ditanya apakah ada calon yang muncul sekarang ini memenuhi kriteria tersebut? Dengan senyum Jambianom mengaku, memang sudah ada hanya saja calonnya belum begitu dikenal oleh masyarakat luas. “Calon yang memenuhi kriteria itu sudah ada hanya belum begitu dikenal oleh masyarakat banyak”, katanya singkat tanpa menyebut nama calon KLU I dan II yang memenuhi kriteria dimaksud.

Selain itu, Jambianom yang juga ketua UPKD Cilik Mekar Sari Bayan ini mengharapkan kepada masyarakat untuk mendukung calon putra asli Utara Dayan Gunung yang mampu memperjuangkan dan memajukan Lombok Utara di segala bidang pembangunan termasuk yang memenuhi kriteria Gumi saking Adat Gama. “Saya harap dukunglah putra asli utara yang mampu memperjuangkan dan memajukan KLU kedepan”, pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar