Rabu, 17 Desember 2014

Bupati KLU Resmikan Pasar Harian Anyar

Lombok Utara - Bupati Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu, SH, 17/12, meresmikan perubahan satatus pasar umum mingguan Desa Anyar Kecamatan Bayan menjadi pasar harian. Peresmian pasar tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemukulan gong oleh Bupati KLU.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengaku di KLU baru memiliki dua pasar harian, yaitu pasar Tanjung dan Gondang. Sementara di Kecamatan lainnya seperti pasar Pemenang dan Kayangan belum berubah status, kecuali pasar umum Desa Anyar Kecamatan Bayan. “Pasar di KLU ini cukup banyak, tapi rata-rata pasar mingguan, dan kedepan akan kita usahakan pasar yang ada menjadi pasar harian”, katanya.

Menyorotyi perjalana KLU yang sudah berusia 6 tahun, menurut Djohan Sjamsu sudah banyak pembangunan yang dicapai termasuk pengaspalan jalan sepanjang 200 km lebih dari total panjang jalan 525 km. Kendati demikian, bupati  juga tidak menutup mata bahwa selain capaian tersebut juga masih banyak masalah daerah yang belum terselesaikan, seperti angka kemiskinan yang masih tinggi.

Dikatakan, kedepan program yang akan terus dikawal pemerintah adalah kerjasama dengan New Zaeland untuk kerjama meningkatkan pertanian dan pemasaran hasilnya, pembangunan Bandar laut internasional dan pembangunan kilang minyak internasional. “Untuk kilang minyak, direktur utama pertamina pusat sudah bertemu dengan saya membicarakan potensi yang dimiliki KLU yaitu kilang minyak”, katanya dsambut tepuk tangan ratusan peserta yang hadir.

Sementara anggota DPD RI, Hj. Baiq Diah Ratu Ganefi mengaku bahwa potensi yang dimiliki KLU cukup luar biasa, baik pertanian, perkebunan dan pariwisatanya. Potensi yang dimiliki daerah ini pada lima tahun mendatang akan dapat menjadi icon bagi daerah lain. “KLU sebelum terpisah dengan Lombok Barat kita belum pernah melihat jalan yang sangat bagus seperti sekarang ini, demikian juga dengan potensi yang dimiliki sungguh sangat luar biasa”, tegasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Perindustrian,  Perdagangan, Koperasi dan UKM KLU, DR. Abdul Hamid mengatakan,  pengalihan status pasar mingguan menjadi pasar harian di Desa Anyar  sebagai bagian upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan laju perekonomian masyarakat, dan memberikan kemudahan untuk mendapatkan barang serta memotivasi semangat masyarakat untuk jual beli di pasar harian.

Yang menjadi kendala di beberapa pasar yang ada di KLU, lanjut Abdul Hamid adalah belum adanya bangunan kantor juru pungut, serta belum tersedianya WC dan musalla. Dan persoalan ini masih banyak dikeluhkan oleh pengunjung pasar. “Insya Allah semua keluhan ini kita akan upayakan pembangunannya pada tahun 2015 mendatang, dan akan menambah pembangunan pasar di Desa Sambik Elen”, jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar