Rabu, 30 April 2014

Siswa SMK Kesehatan Hamzar Prakerin di Dua Puskesmas

Bayan (KLU), SK - Para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan (SMK-Kes) Hamzar Bayan Kabupaten Lombok Utara, sejak 30 April  hingga 30 Mei mendatang lakukan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di dua Puskesmas yang ada di Kecamatan Bayan, yaitu Puskesmas Desa Senaru dan Puskesmas Desa Anyar.

Demikian dikatakan, Kepala SMK Kes Hamzar, Rusman Hadi pada acara pelepasan siswa-siswi  yang berlangsung di komplek perguruan yayasan Maraqitta’limat Desa Anyar, 30/4.  Menurut Rusman, Prakerin ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kompetensi dengan mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dari bangku sekolah sekaligus sebagai bekal memasuki dunia kerja.

“Prakerin ini bertujuan memberikan wawasan mutu (sense of quality) dan wawasan pasar, wawasan keunggulan serta wawasan nilai tambah  kepada siswa guna mentrasfer sistem nilai, pola piker, dan sikap mental positif disamping memperkaya kompetensi yang dimiliki para siswa melalui pendidikan dan pelatihan di sekolah”, jelas Rusman.

Dikatakan, untuk Prakerin perdana ini, jumlah siswa yang ikut 19 orang  yang dbagi  di dua Puskesmas yaitu 9 siswa di Puskesmas Desa Anyar yang dibimbing oleh Subari, S.Kep dengan guru pendamping, Erma Husnul H, A.Md. Keb. Sementara 10 siswa lainnya bertugas di Puskesmas Desa Senaru dengan pembimbing, Roni Parlan, A.Md.Kep  dengan guru pendamping, Sandi Yakub, S.Kep.

Sementara camat Bayan yang diwakili Kasi Kasos, Aripin, S.Sos ketika melepas para siswa yang melakukan Prakerin mengatakan, praktek yang dilakukan oleh para siswa SMK Kes Hamzar merupakan pengimpelementasian ilmu pengetahuan yang didapatkan disekolah, karena dengan melakukan Prakerin ini dapat diketahui kolaborasi ilmu apakah seusai dengan teori yang diperoleh di sekolah dengan hasil praktek di lapangan.

“Kami berharap kepada pembimbing di dua Puskesmas untuk lebih banyak memberikan pembinaan kepada para siswa yang mengikuti Prakerin, sehingga para anak didik ini mampu  mentransfer sistem nilai, pola piker dan sikap mental positif dari hasil pengelaman kerja melalui pembelajaran praktek yang diikutinya”, pinta Aripin.

Subari yang mewakili Kepala Puskesmas Anyar mengatakan, dalam melakukan Prakerin ini antara guru SMK Kes Hamzar dengan pihak Puskesmas akan tetap menjalin kerjasama untuk melakukan bimbingan kepada siswa baik secara teknis di lapangan ataupun  dalam memberikan penilaian ketercapaian kompetensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar