Jumat, 09 Mei 2014

KPMD Aceh Barat Daya Sharing Pembelajaran ke Karang Bajo

Lombok Utara - Puluhan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) Kabupaten Aceh Barat Daya provinsi Aceh, 4/5 lakukan sharing pembelajaran ke Pemdes dan KPMD Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan bersama Acces Lombok Utara.

Staf khsusu Bupati Bidang Politik dan Public Relation Kabupaten Aceh Barat Daya, Nashrun Marzuki yang mendampingi KPM desa (gampong) mengatakan, tujuan kedatangan ke Desa Karang Bajo untuk melakukan pembelajaran dan sharing pengalaman antar KPMD, karena mengingat Karang Bajo sudah banyak meraih prestasi dan menjadi desa percontohan dibidang Sistem Administrasi dan Informasi Desa (SAID).

“Dari pengalaman dan praktik khususnya dibidang SAID di Karang Bajo ini dapat kami impelemntasikan dan mamfaatkan SAID di gampong Aceh Barat Daya  untuk perbaikan pelayanan  ditingkat masyarakat”, kata Nashrun Marzuki.

Sementara Kades Karang Bajo, Kertamalip ketika menyambut kedatangan 37 tamu dari Aceh Barat menampilkan seni tradisional gendang beleq serta mengalungkan beberapa selendang khas tenunan Bayan, serta memberikan presentasi terkait Sembilan langkah pemamfaatan SAID.

Kertamalip mengaku sudah beberapa kali mendapat kunjungan  dari beberapa Pemda di Indoensia termasuk dari Aceh Barat Daya. “Desa ini sudah beberapa kali mendapat kunjungan dari Pemda di Indonesia termasuk stap ahli kesehatan pusat terkait dengan keberhasilan menekan angka kematian ibu melahirkan nol dan pemamfaatan SAID”, kata kertamalip yang didampingi Sekcam Bayan, Suaidi, S.Sos.

Ikut memberikan presentasi pada kunjungan ini adalah fasilitator KPMD Kecamatan Bayan yang membahas SAID untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat desa yang mengurus administrasi atau surat menyurat.

Acara yang dilanjutkan dengan dialog ini berjalan lancar dan meriah, karena selain para tamu diinapkan di rumah warga, juga pada malam hari dihibur dengan tarian Aceh oleh kelompok Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) serta dilanjutkan dengan pementasan seni trasional Cupak Gerantang Ruak Bangket. Setelah itu, para peserta dibagi tiga kelompok untuk melakukan sharing pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar