Minggu, 13 Oktober 2013

Suara Komunitas Meraih Kusula Swadaya

Jakarta, Suara Komunitas  - Suara Komunitas meraih penghargaan sebagai pemenang Kusala Swadaya untuk kategori Jurnalis Warga. Penghargaan ini diinisiasi oleh LSM Bina Swadaya kepada penggiat kewirausahaan, pendamping wirausahawan sosial, media massa daerah dan jurnalis warga. Penghargaan ini rutin diberikan dua tahun sekali melalui seleksi, verifikasi lapangan dan penjurian kelompok.

Para juri yang terdiri dari kalangan media massa dan jurnalis independen antara lain Andreas Maroyo Redaktur Kompas, Sigit Kurniawan Redaktur Marketers dan Ignatius Haryanto dari Lembaga Studi Pers dan Pembangunan. Tim juri ini memilih SK karena situs ini menampung aneka cerita dari pelbagai komunitas di masyarakat. Situs ini juga dikekola oleh Jaringan Radio Komunitas Indonesia.

SK merupakan perkumpulan komunitas yang bertujuan untuk menegakkan hak kebebasan berekspresi warga negara. “Media ini hadir untuk menyuarakan suara-suara masyarakat. Suara komunitas memimpkan masyarakat yang memiliki kekuatan tawar di hadapan pihak-pihak yang berwenang sehingga ikut dan mampu menentukan arah kemajuan bangsa,” ujar Sarwono, Pemimpin Umum suarakomunitas.net yang mewakili radio komunitas menerima penghargaan ini Auditorium Pegadaian, Jakarta Pusat, Kamis 10 Oktober 2013.

Selain Suara Komunitas, pemenang Kusala Swadaya ini juga diraih oleh Suara Merdeka untuk kategori media massa daerah. Penghargaan Kusala Swadaya ini yang ke-3 yang diberikan oleh LSM Bina Swadaya sebagai LSM tertua dan terbesar di Indonesia. Kusala Swadaya merupkan suatu penghargaan yang diberikan kepada orang-orang yang telah berinisiatif dan kreatif melakukan upaya-upaya peningkatan keberdayaan masyarakat, baik melalui aktivitas di bidang kesehatan, lingkungan, pendidikan, sosial-ekonomi maupun teknologi tepat guna dengan pendekatan kewirausahaan. (www.suarakomunitas.net)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar