Minggu, 22 September 2013

TPMD PNPM Ikuti Pelatihan

Karang Bajo (KLU) - Tim Pertimbangan Musyawarah Desa (TPMD)  PNPM Desa Karang Bajo,  Desa Senaru  dan Desa Anyar Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara (KLU), 21/9/13, dilatih melakukan monitoring perempuan secara partisipatif. Pelatihan berlangsung di aula kantor desa Karang Bajo dan diikutii 0leh 27 peserta.

Kades Karang Bajo, Kertamalip, dalam pembukaannya mengatakan, monitoring adalah sebuah usaha untuk memastikan berjalannya proses dalam sebuah aktivitas yang perlu dicatat dengan baik.

Nurbakti.S.Ag. Pasilitaor PNPM. MPD mengatakan Mamfaat monitoring Partisipatif aantara lain, tumbuhnya rasa percaya diri masyarakat untuk menyampaikan masalah masalah di sekitarnya kepada kalangan yang lebih luas, dan terbangunnya kebutuhan bersama untuk mencapai tujuan bersama antara komponen masyarakat.

Selain itu mamfaat monitoring juga yaitu tumbunya kepercayaan beragam kalangan akan hasil Pengawasan Pembangunan yang di lakukan masyarakat, meningkatnya pemahaman masyarakat akan makna,proses, lingkup dan dampak proyek proyek pembangunan dan kebijakan kebijakan di sekitarnya, dan tumbuhnya pemahaman akan pentingnya partisipaasi masyarakat dalam proses pengawasan pembangunan dan atau kebijakan.

Dikatakan, menjadi tim monitoring perempuan juga dapat menumbuhkan pemahaman akan titik itik lemah proyek proyek Pembangunana sehingga merangsang inovaasi masyarakat dalam melakukan pengawasan pembangunan, tumbuhnya pola komunikasi baru antara masyarakat sasaran proyek, pelaksana proyek, NGO lokal dan media massa.

Peserta mengharapkan  dengan di lakukannya Pelatihan Tim Pemantau Perempuan ini mereka bisa mengamati dan memahami pengertian monitoring secara Partisipasif. (Kertamalip/Primadona/Diskusi III)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar