Senin, 23 September 2013

Kelompok Tortila dan Menjahit Dilatih Manajemen Usaha

LOMBOK UTARA - Kelompok pembuatan jajan tortila dan menjahit yang tergabung dalam Usaha Ekonomi Produktif (UEP)  Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, 23/9/13 dilatih manajemen usaha kecil di gedung Posyandu Dusun Ancak Timur.

Pelatihan yang dilakukan Program Nasional Pemberdayaan Mansyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM_MPd) ini diikuti puluhan peserta dengan nara sumber dari Universitas Mataram (Unram), Joko Supriyatno.

Manajemen produksi usaha kecil menurut Joko Supriyatno adalah suatu proses berkesinambunagn dan efektif menggunakan fungsi-fungsi manajemen untuk mengintegrasikan berbagai sumberdaya secara efisien dalam rangka mencapai tujuan. Manajemen produksi merupakan kegiatan manajemen yang berhubungan dengan pembuatan barang dan jasa.

Dikatakan salah satu aspek yang tak kalah pentingnya untuk dikelola oleh wirausahawan adalah sumber daya manusia yang dimiliki, seperti karyawan sebagai motor penggerak kegiatan usaha perlu dikelola secara professional.

Sementara Fasilitator PNPM-MPd Kecamatan Bayan, Asrin Tombili, S.Sos mengatakan, pelatihan manajemen usaha kecil ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bagi kelompok pembuat tortila dan menjahit di Desa Karang Bajo. “Arah PNPM sekarang ini adalah bagaimana kita meningkatkan sumber daya manusia melalui berbagai pelatihan-pelatihan, sehingga UEP ini dapat berkembang pesat di Kecamatan Bayan”, jelas Asrin. www.suarakomunitas.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar