Rabu, 24 Oktober 2012

DINILAI SESAT’’ BALAI PENGAJIAN DIBAKAR

LHOKSEUMAWE - Diduga mengajarkan aliran sesat, dua unit balai di Dayah Babul Ma’arif di Desa Manyang, Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara milik Tgk Zarkasyi, dibakar orang tak dikenal, Rabu (24/10) sekitar pukul 03.30. Namun,dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa.

Dua balai pengajian kontruksi papan, dengan ukuran 4x6 meter tersebut rata dengan tanah setelah dilalap api. Dua balai ini persis berada dalam Komplek Dayah Darul Ma’arif. Pun demikian, dayah ini sempat diancam bakar oleh sekolompok orang beberapa waktu lalu, karena dinilai mengajarkan ajaran sesat kepada santri.

Penyelesaian terhadap dugaan warga ini terhadap Tgk Zarkasyi yang dinilai sesat , pihak Muspida Plus Aceh Utara dan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Provinsi Aceh, pernah mengkaji bentuk pengajaran di Babul Darul Ma’arif. Ketika itu, pimpinan dayah Tgk Zarkasyi, 47 tahun, sempat diamankan oleh kepolisian, karena diduga sesat.

Saksi mata Nurdin’’ Saya sedang lelap tidur ketika awalnya dibakar, saya tidak mengetahui persis kejadiannya. Saya terbangun ketika api sudah membesar, sontak saja saya meminta tolong. Tak lama kemudian, sejumlah Polisi dari Polsek Meurah Mulia tiba di lokas,” kata Nurdin, yang rumahnya sekitar 50 meter dari TKP.

Sambungnya, saat kejadian Tgk Zarkasyi tidak ada di rumah, dia berobat di luar kota, tapi puluhan kita suci Alquran hangus terbakar api, karena tidak ada orang sempat menyelamatkan.

sedangkan Geuchik desa setempat, Muhammad, sebelumnya ada tulisan disebarkan warga, maka terhembus bahwa di dayah ini mengajarkan aliran sesat, tulisan ini ‘Dayah dibawah pimpinan Tgk Zarkasyi itu tidak mewajibkan sembahyang, tidak mewajibkan puasa, bahkan suami istri boleh bersetubuh saat berpuasa’.

“Sejak hembusan isu ini, Dayah Tgk Zarkasyi ditentang warga agar dihentikan aktivitas pengajian. Atas permintaan ini, beliau menghentikan aktivitas pengajian, tetapi shalat berjamah lima waktu tetap ada,” ucap Geuchik Muhammad.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Kukuh Santoso melaui Kapolsek Meurah Mulia, Ipda Sofyan yang dijumpai Tempat Kejadian Perkara (TKP) mengatakan tentang kejadian ini sedang mengusut motif dan pelakunya. Wahyu MK - 01/0001-SK/2010, www.suarakomunitas.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar