Rabu, 07 September 2011

Tanaman Penghijauan Lendang Galuh Terbakar

Lombok Utara - Ratusan tanaman penghijauan Dusun Lendang Galuh Desa KayanganKkecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara, Sabtu 3 September lalu hangus terbakar. 
Menurut salah seorang warga, Edi Kartono mengatakan, kebakaran lahan penghijauan tersebut terjadi pada siang hari dan menghanguskan hektaran lahan yang terletak disebelah selatan lapangan umum Kayangan, dan sumber api diperkirakan berasal dari punting rokok yang sengaja dibuang oleh orang yang tidak bertanggungjawab. 
“Saat kebakaran angin begitu kencang, sehingga sulit dipadamkan”, jelas Edi Kartono yang ditemui dikediamannya 7/9. Sementara H. Abidin yang selama ini dikenal sebagai perintis penghijauan lahan kering menyesalkan peristiwa kebakaran tersebut. 
“Saya sangat kaget begitu melihat lahan penghijauan yang saya rintis habis dilalap si jago merah, padahal program itu dilakukan dari hulu ke hilir yang ditanami ratusan pohon pelindung pada tahun 2010 lalu”, katanya. Kebakaran tersebut mengakibatkan kerugian yang cukup besar, karena tidak kurang 295 pohon yang sudah ditanam yang rata-rata berusia satu tahun. “Pohon yang kita tanam seperti ketapang, jarak, beringin, kusambuk, asam dan beberapa jenis pohon pelindung lainnya”, jelas H. Mustakim yang pernah meraih Kalpataru dari Presiden RI. 
Sekcam Kayangan, R. Kertamono, juga menyayangkan kejadian tersebut. Namun dia meminta peristiwa seperti ini kita jadikan sebagai renungan agar warga tidak membuang punting rokok secara sembarangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar