Kamis, 08 September 2011

Hasil Survei: Ahmadiyah Bukan Saudara Seiman, Tapi Saudara Sebangsa

JAKARTA - Hasil survei Setara Instute yang dipaparkan di Hotel Atlet Century, kompleks Senayan, Kamis (8/9), menunjukkan toleransi antarumat beragama mengalami penurunan. 
Fenomena ini dilihat dari pandangan responden bahwa 55,2 persen dari 3.000 responden tidak menampik bahwa tingkat toleransi antar agama cenderung menurun beberapa tahun ini. Hanya 26,9 persen yang mengira bahwa kondisi toleransi tak separah yang diduga. Salah satu mata survei adalah soal Ahmadiyah. 
Berdasarkan hasil survei, isu Ahmadiyah selama ini ternyata tak banyak dibicarakan oleh masyarakat. Hanya 15,3 persen responden yang mengaku mengetahui Ahmadiyah. 
Hal ini dianalisia oleh Setara sebagai suatu hal yang perlu dipertanyakan lebih lanjut. Walaupun 52,6 persen responden menyatakan bahwa Ahmadiyah bukan merupakan saudara seiman, namun mayoritas responden sebesar 68,1 persen beranggapan bahwa Ahmadiyah merupakan saudara sebangsa.
Fenomena ini memperlihatkan bahwa umumnya masyarakat dapat memilah sikap keagamaan dan sikap kebangsaan di sisi lain. "Jadi masyarakat tidak keberatan untuk hidup berdampingan dengan Ahmadiyah," kata Hendardi, ketua Setara Instutute. Redaktur: Siwi Tri Puji B: Sumber Republika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar