Selasa, 31 Juli 2012

RSUD LOMBOK UTARA SUDAH SIAP LAYANI PASIEN OPERASI BEDAH

Lombok Utara – Kendati belum didukung sarana gedung pelayanan yang memadai sebagaimana layaknya Rumah Sakit yang telah berdiri lama, Namun Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) lombok utara, kini semakin memantapkan sistim pelayanan kepada masyarakat, seiring dengan dimulainya penggunaan sejumlah fasilitas standar dan alat-alat kesehatan yang baru saja dimiliki dan terbilang lengkap.

Jika sebelumnya RSUD lombok utara, lebih banyak merujuk pasien ke Rumah Sakit Umum Provinsi, karena kekurangan alat dan fasilitas pengobatan termasuk minimnya tenaga dokter spesialist, akan tetapi terhitung dari bulan ini pihak manajemen RSUD lombok utara, sudah menyatakan diri siap melayani pasien yang akan dioperasi bedah dengan berbagai tingkatan penyakit yang diderita masyarakat.

Direktur RSUD lombok utara, dr.Bahrudin, saat ditemui media, disela kegiatan penempatan/pengaturan alat-alat kesehatan disejumlah ruangan RSUD, senin (30/7)menyatakan, saat ini pihaknya sudah bisa menerima pasien operasi bedah ringan hingga berat mulai dari, operasi Cesar (SC), Kandungan, bedah tulang, Apendix, operasi penyakit mata dan operasi yang membutuhkan sistem operasi Anastesi. Kecuali pasien bedah penyakit Syaraf yang memang secara umum di NTB baru hanya RSU Provinsi yang memiliki peralatan operasi dan dokter spesialist penyakit Syaraf.

Ia bahkan menyatakan, RSUD lombok utara telah didukung dengan peralatan Anastesi dengan kualitas standar internasional yang belum dimiliki oleh RSUD sekelasnya dikabupaten/kota lain di NTB.

Mengenai ketersediaan dokter spesialist yang stand bay dan siap menangani pasien operasi setiap saat, dr.Bahrudin menegaskan, meski pihaknya belum memiliki dokter spesialist berstatus PNS yang bertugas menetap di RSUD lombok utara, namun pihak dinas kesehatan telah menjalin kerjasama dengan pihak RSU Provinsi, RSUD Lobar dan beberapa lembaga kesehatan swasta dalam hal penyediaan tenaga spesialist dan ahli kesehatan yang dibutuhkan oleh pasien yang akan dioperasi di RSUD lombok utara.

Dengan telah dibukanya pelayanan operasi bedah untuk sebagian besar penyakit itu, masyarakat lombok utara dipastikan akan lebih mempermudah  dalam mengobati penyakit yang diderita. Sehingga secara otomatis biaya pengobatan yang dikeluarkan warga jauh lebih ringan, karena dikurangi biaya transportasi saat membawa pasien ke RSU Provinsi di Mataram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar