Selasa, 05 Juni 2012

Bayan Termasuk Wilayah rawan Bencana

Lombok Utara - Kecamatan Bayan merupakan salah satu wilayah yang terletak diujung timur Kabupaten Lombok Utara dan termasuk rawan bencana.

“Bencana yang terjadi di Kecamatan Bayan, bukan saja banjir, tanah longsor, namun juga kekeringan”, kata Sekcam Bayan, ketika membuka seminar mitigasi bencana 5/6 di aula kantor camat Bayan.

Untuk menanggulangi bencana ini, pemerintah kecamatan telah menjalin kerjasama dengan sebuah NGO  internasional yaitu Word Rellef.
Pada awalnya NGO ini melakukan pelatihan di Desa Sukadana, tapi pada tahun 2012 ini ditambah lagi dua desa yaitu Karang Bajo dan Desa Sambik Elen.

Sementara Ditjen Sosial dan Penanggulangan Bencana Kemensos RI, Sobirin dalam kesempatan tersebut mengatakan, kehadirannya dalam seminar tersebut  ingin memastikan apakah yang dilakukan oleh Word Rellef  itu sudah sesuai dengan MOU atau belum.

“Secara laporan, kami sudah terima, namun bagaimana implementasinya di lapangan inilah yang ingin kami tahu.elain itu mau menyaksikan langsung diskusi mitigasi bencana ini”, kata Sobirin.

Santi salah seorang dari Word Rellef mengatakan, pihaknya telah melakukan pelatihan bagi warga, apa saja yang harus dilakukan bila terjadi bencana, termasuk cara pendataannya.

“Kami mendorong masyarakat untuk mampu mencari solusi dan menangani sendiri bila terjadi bencana”, jelas Santi.

Sementara dalam seminar tersebut tampil sebagai pembicara adalah Kepala Desa Sukadana, Sojati dan Kepala Desa Karang Bajo, Kertamalip.

Acara seminar ini selain dihadiri dari Kemensos RI, juga tampak hadir Kepala Badan Penanggulangan Bencana provinsi NTB, BPBD KLU, dinas sosial serta undangan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar