Jumat, 16 Maret 2012

PEMKAB LOTIM GRAND DISAIN ULANG INFRASTRUKTUR KAWASAN TNGR


Lombok Timur – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur akan melakukan grand disain ulang terhadap kondisi sejumlah infrastruktur dikawasan wisata Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) khususnya dibeberapa wilayah yang terkena banjir bandang pada selasa 13 Maret lalu.

Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmi kamis (15/3) kepada media mengatakan, pihaknya sangat membutuhkan grand disain sejumlah infrastruktur dikawasan taman nasional gunug rinjani. Sejumlah infrastruktur yang rusak akibat banjir bandang pada selasa 13 maret lalu, akan menjadi perioritas utama dalam grand disain tersebut.

“Kejadian banjir bandang pada selasa lalu sudah banyak merusak infrastruktur disini, sehingga beberapa yang sudah rusak itu akan menjadi perioritas kami dalam grand disain itu nantinya”

Beberapa infrastruktur yang menjadi sasaran tersebut seperti jalan, jembatan dan sungai, sehingga mampu meminimalisir terjadinya bencana alam dan menjaga masyarakat setempat dari terisolir karena jembatan putus maupun jalan rusak. Meski demikian, Sukiman Azmi menyadari langkah tersbut tidak mudah dilakukan serta membutuhkan anggaran cukup besar. Untuk itu, pihaknya akan tetap melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi NTB dan mencari duukungan infrastruktur.

 Bupati Lombok Timur menjelaskan, jauh hari sebelum terjadinya bencana banjir disejumlah desa di Kecamatan Sambelie dan Sembalun, pihaknya sudah melakukan perbaikan pada sejumlah infrastruktur diwlayah itu. Seperti halnya perbaikan jalan dan pembuatan beronjong dibeberapa titik sungai yang ada untuk mengantisipasi banjir.

Namun semua upaya itu kini sudah rusak diterjang derasnya banjir bandang pada selasa lalu. Untuk itu, ia meminta dukungan semua pihak khususnya warga masyarakat yang ada didua kecamatan tersebut dengan mengoptimalkan kembali budaya gotong royong.

Menurut Sukiman Azmi, beragai upaya itu dilakukan agar kawasan wisata taman nasional gunung rinjani lebih nyaman dikunjungi dan mampu mendukung percepatan ekonomi warga masyarakat setempat. “Kami butuh dukungan maksimal dari warga masyarakat, karena bagaimanapun potensi di kawasan TNGR cukup besar untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat, sehingga fasilitas penunjangnya harus kita dukung bersama” Tandas Bupati Lombok Timur. (ntb03)    sumber:ntbterkini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar