Jumat, 16 Maret 2012

Sembalun Terisolir, Dua Jalur Lumpuh Total

Lombok Timur – Kecamatan Sembalun saat ini terisolasi karena dua jalur strategis yakni melalui Pusuk dan Sambalia lumpuh total. Bantuan hanya dapat diberikan melalui Kabupaten Lombok Utara. Kerusakan   akibat banjir bandang di Kecamatan Sembalun  cukup luas mencapai 230 hektar termasuk merusak pemukiman  serta lahan pertanian  terutama di daerah dataran rendah.

Ini diakibatkan dari hujan yang melanda daerah tersebut  selama tiga hari terakhir serta meluapnya kali- kali besar. Bupati Kabupaten Lombok Timur  H.M. Sukiman Azmy dalam  Resepsi HKG ke 40 di Pendopo mengatakan, jalur Pusuk yang semula rusak  akibat longsor dapat ditembus sehingga bantuan berupa sembako serta tenda dapat diberikan  kepada masyarakat. Akan tetapi hujan yang kembali turun mengakibatkan longsor di dua lokasi di daerah Pusuk  mengakibatkan akses jalan terputus.

Selain itu di daerah pusuk juga terdapat  tujuh lokasi kayu-kayu besar  tumbang. Alat berat  tidak memungkinkan  dibawa ke lokasi sehingga untuk mengatasi baik  pohon tumbang maupun longsor membutuhkan tenaga manusia. Akibatnya penanganannya akan membutuhkan waktu jauh yang lebih banyak.

Sementara itu Kecamatan Sembalun menjadi terisolasi dikarenakan  jalur melalui pusuk serta dari wilayah sambalia  terputus.  Saat ini, bantuan hanya  dapat diberikan melalui Bayan Kabupaten  Lombok Utara.  Untuk itu pihaknya telah melakukan koordinasi dengan  Pemerintah Provinsi dalam memberikan bantuan melalui jalur aman.  Dalam kesempatan itu juga Bupati mneghimbau kepada masyarakat untuk memeberikan bantuan materil maupun inmateril mengingat lokasi  banjir bandang yang cukup luas terjadi di wilayah Lotim .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar