Selasa, 13 Desember 2011

Tim PNPM Verifikasi 23 Usulan Kelompok SPP Perguliran

R. Kertawadi, SH (UPK Bayan)
Lombok Utara - Tim verifikasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Kecamatan Bayan kabupaten Lombok Utara, dalam beberapa minggu terakhir ini, telah melakukan verifikasi usulan 23 kelompok Simpan Pinjam untuk Perempuan (SPP) perguliran yang tersebar di sembilan desa.

Demikian dikatakan, anggota tim verifikasi, Sumadep 12/12 ketika memprosentasikan hasilnya pada acara musyawarah perengkingan kelompok di kantor Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM Bayan.

Anggaran dana yang dibutuhkan oleh ke 23 kelompok SPP perguliran tersebut sekitar Rp. 504 juta.  “Yang menjadi kesulitan ketika melakukan verifikasi di lapangan, masih adanya anggota kelompok menggunakan surat keterangan domisili. Agar dana SPP itu tepat sasaran di setiap kelompok sudah dibentuk pendamping”, kata Sumadep.

Ketua UPK PNPM, R. Kertawadi, SH dalam kesempatan tersebut mengatakan, melakukan musyawarah dalam menentukan kelayakan dan kebijakan kelompok SPP ini merupakan salah satu inti program.

“UPK hanya memantau pelaksanaannya, dan tidak serta merta menyepakati hasil tim verifikasi sampai kita mengetahui kelompok mana yang layak diberikan dan kelompok mana yang tidak layak. Dan penentuannya pada musyawarah sekarang ini”, jelasnya.

Sementara PJOK PNPM Kecamatan Bayan, Darmanom, S.Sos meminta kepada tim verifikasi agar betul-betul melihat kelompok yang memiliki usaha, sehingga dana yang akan dicairkan tepat sasaran.

Hadir dalam pertemuan tersebut, FK PNPM GSC, Nurul Hidayati, Kepala Desa Karang Bajo, Kertamalip serta beberapa tim lainnya.(ari)

1 komentar: