Rabu, 09 November 2011

Keberadaan PNPM Cukup Membantu Masyarakat

Lombok Utara - Warga yang tinggal di Dusun Bon Gontor Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara mengaku, cukup merasakan mamfaat Program Nasional pemberdayaan Masyarakat (PNPM), karena dinilai cukup membantu masyarakat setempat.

Penilain tersebut dikemukakan Kepala Dusun Bon Gontor Desa Senaru, Sekarnawadi, S.Pd, ketika ditemui dikediamannya (9/11/11).

  Menurutnya, keberadaan PNPM  khususnya di non fisik cukup memudahkan bagi warganya yang jauh dari akses informasi, terutama dalam memperoleh dana pinjaman melalui Simpan Pinjam untuk Perempuan (SPP).

”Kalau meminjam di lembaga keuangan lain cukup sulit, namun di SPP yang digulirkan dari dana PNPM, cukup dengan membuat kelompok dan poto copy KTP”, kata Sekarnawadi yang juga guru SMPN 1 Bayan ini.

Dikatakan, warganya baru membuat dua kelompok SPP yang sekarang ini sudah berjalan sekitar enam bulan, dan setorannya cukup lancar. “Insya Allah kedepan kelompok ini kita tambah lagi, karena SPP  cukup mampu meningkatkan perekonomian masyarakat”, katanya.

Selain itu, kata Sekar, keberadaan PNPM ini cukup membantu terutama bagi kader-kader Posyandu yang setiap bulan dianggarkan honornya dari GSC.

Dijelaskan, dalam PNPM, program yang dikerjakan betul-betul usulan dari tingkat bawah dan merupakan kebutuhan masyarakat, seperti rabat jalan, saluran drainase dan pembangunan Posyandu.

“Insya Allah tahun ini kami akan dapat bangunan Posyandu yang didanai PNPM GSC. Karena keberadaan posyandu sangat diharapkan oleh masyarakat dan akan kita gunakan mutifungsi, yaitu selain sebagai tempat pemeriksaan ibu hamil dan bayi-balita, juga bisa kita gunakan tempat bermusyarakah dan tempat mengajar siswa Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD)”, jelasnya.

Sementara jumlah penduduk di dusun Bon Gontor 139 Kepala Keluarga atau 514 jiwa. “Dan kami sudah dirikan PAUD sesuai dengan nama TPQ yaitu PAUD Bayanul Haq, dengan jumlah siswa 30 orang.  Dan kalau bangunan Posyandu  selesai kita akan mamfaatkan sebagai tempat mengajar anak-anak”, imbuhnya.(ari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar