Senin, 28 November 2011

FK PNPM Bayan Gelar MAD-Sos

Lombok Utara - Fasilitator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, 28/11 menggelar Musyawarah Antar Desa Sosialisasi (MAD-Sos) Tahun Anggaran 2013.

Camat Bayan, Fahri, S.Pd dalam membuka acara MAD-Sos mengatakan,  sebelum melakukan  kegiatan  PNPM, terlebih dahulu diawali dengan sosialisasi program, untuk memudahkan perencanaan ditingkat desa, lebih-lebih tujuan program ini untuk menanggulangi kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran ditingkat pedesaan.

“Kalau kita bandingkan dengan program lainnya, PNPM jauh lebih dirasakan mamfaatnya daripada program pemerintah yang memilki aturan dan selalu dikontrol. Karena PNPM itu langsung menyentuh masyarakat pedesaan”, jelas Fahri.

Disisi lain, Fahri juga memaparkan tugas dan fungsi camat yang berkaitan dengan PNPM, yaitu selaku Pembina dan menetapkan usulan yang berasal dari desa. “Tugas kami selain ikut bertanggungjawab terhadap pelaksanaan PNPM, juga melakukan koordinasi semua kegiatan yang ada di desa”, katanya.

“Jadi kalau sewaktu-waktu camat turun ke lapangan dan meminta pengurus TPK dan FK menunjukkan administrasi dan hasil pelaksnaan program, jangan sampai dianggap interfensi, sebab semua program yang masuk ke desa maupun ke kecamatan, itu menjadi tanggungjawab kami selaku camat”, tegasnya.

Sementara FK PNPM Kecamatan Bayan, Asrin Tombili, S.Sos, ketika mengvaluasi hasil PNPM tahun 2011 mengaku sudah cukup baik, yang sekarang ini semuanya sudah memasuki tahap Musyawarah Desa Serah Terima  (MDST).

“Tinggal dua desa yang belum melakukan MDST yaitu desa Senaru dan Anyar. Mudah-mudahan minggu ini kedua desa tersebut sudah bisa melakukan MDT”, pintanya.

Selain itu, dia minta kepada semua kepala desa se kecamatan Bayan untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), dan sekaligus melengkapi pengurus yang masih kurang.

Menyoroti papan informasi, menurut Asrin, disemua desa sudah dibuatkan papan informasi, tetapi isinya yang masih kurang. “Untuk lebih transfaransi, para pelaksana ditingkat desa agar menempel semua kegiatannya di papan informasi, sehingga mudah dibaca oleh masyarakat”, kata Asrin.

Acara yang berlangsung di aula kantor camat Bayan selain dihadiri oleh semua pengurus TPK dan kepala desa, juga tampak hadir FT PNPM, Syahrul Yani dan Taufiq, FK PNPM GSC, Nurul Hidayati, petugas lapangan, Mahnun dan puluhan tokoh masyarakat. (ari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar