Sabtu, 06 Maret 2010

LPM Penggerak Kegiatan Desa

Karang Bajo-Lombok Utara: Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) merupakan salah satu lembaga sebagai penggerak kegiatan pembangunan di di tingkat desa.

Hal tersebut diungkapkan ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, Rianom S.Sos, pada acara pergantian pengurus LPM yang berlangsung di aula kantor desa setempat, (6/3) Menurutnya, keberadaan LPM, merupakan membantu proses pembangunan di tingkat desa. ”Karenanya perlu diberdayakan dan memunculkan figur generasi muda yang siap bersaing di segala bidang pembangunan kedepan”, tukas Rianom.

Selain itu, lanjut Rianom yang juga tokoh adat Desa Karang Bajo ini, pemuda perlu mempertahankan nilai-nilai yang positif, karena tugas LPM bukan melakukan nilai kontrol, tetapi pemberdayaan di tingkat masyarakat. ”Jadi LPM jangan menunggu, tetapi harus mampu menjemput bola, terutama memprogramkan kegiatan-kegiatan yang mampu menggerakkan lembaga-lembaga lainnya, seperti Karang Taruna, remaja masjid, dan lembaga-lembaga lainnya”, pinta Rianom.

”Tugas LPM adalah mengakomodir semua bentuk kegiatan yang dilakukan oleh kelompok remaja yang ada di tingkat dusun dan desa, jadi pengurus yang terbentuk jangan sampai terjadi bongkar pasang”, harapnya.

Menyoroti tentang Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), yang sekarang ini kegiatannya perlu ditingkatkan, lebih-lebih di desa Karang Bajo sudah memiliki bangunan 5 buah Posyandu yang didanai PNPM. ”Bangunan ini bisa dikabolorasikan dengan kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). ”Dan tidak lanjut dari keberadaan Posyandu ini akan dipadukan dengan kelompok Bermain Bija Jari”, jelasnya.

”Sekarang ini di PNPM sudah ada Fasilitator Kecamatan yang menangani masalah kesehatan dan pendidikan. Dan tugas generasi muda disamping harus ikut membangun desa dengan tata krama yang baik, juga harus menjaga nama organisasi (LPM-red) dan menjalin kerjasama yang baik antar lembaga dan pemerintahan desa”, tambahnya.

Sementara yang terpilih sebagai pengurus LPM yang baru antara lain, ketua, M. Syairi, wakil ketua, Setiawati, Sekertaris, Renasip dan ditambah dengan beberapa seksi, seperti seksi agama, HAM, ekonomi, kesehatan, keamanan dan seksi teknologi tepat guna.

Kepala Desa Karang Bajo, Kertamalip mengharapkan kepada pengurus LPM yang terbentuk untuk mampu bekerjasama dengan baik, serta membuat program pembangunan kedepan, sehingga Karang Bajo kedepan mampu bersaing dengan desa-desa lainnya. ”Lebih-lebih Karang Bajo akan mengikuti lomba desa tingkat kabupaten Lombok Utara yang mewakili desa di kecamatan Bayan, jadi kita perlu kerja exstra untuk membangun desa kita”, tegasnya.

Harapan senada juga diungkapkan oleh kepala Dusun Lokok Aur, Tamrin dan Dusun Kopang Sukiono. Menurut kedua kepala dusun ini, pengurus LPM yang baru dituntut harus betul-betul bekerja untuk menghadapi lomba desa ini. ”Dan tentu juga harus didukung oleh semua anggota pengurus LPM”, harapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar