Senin, 16 Juni 2014

Ali Shabran Az-Zaki, Juara I Lomba Matematika

Lombok Utara - Ali Shabran Az-Zaki, siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Maraqitta’limat (MI-MT) Desa Anyar Kecamatan Bayan, meraih juara I pada lomba Kompetisi Sains Madrasah (KSM) bidang studi Matematika tingkat Kabupaten Lombok Utara yang berlangsung di Ponpes Al-Baqiyatusshalihat NW Desa Santong Kecamatan Kayangan.

Kegiatan KSM yang dilaksanakan Kementerian Agama KLU tersebut diikuti 36 peserta dari 12 MI dengan mata lomba Matematika dan IPA. Sementara untuk tingkat Madrasah Tsnawiyah  (MTs), diikuti 18 lembaga pendidikan setingkat SLTP dengan lomba Matematika, Biologi dan Fisika, serta untuk tingkat SLTA diikuti oleh 30 Madrasah Aliah dengan bidang studi yang dilombakan, Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi.

Wakil Bupati KLU, Dr. H. Namul Akhyar, SH, MH  ketika membuka acara tersebut mengatakan, untuk membangun peradaban bangsa ini harus melalui kekutan iman, ilmu, dan amal secara berimbang, Karenanya sekolah agama harus mampu bersaing dengan sekolah lainnya termasuk dibidang sains.

Sesuai hasil keputusan  Kemenag KLU tentang penetapan juara pada lomba KSM yang diumumkan 16/6  di Tanjung  disebutkan, bahwa juara I lomba Matematika  tingkat MI diraih oleh Ali Shabran Az-Zaki dari MI-MT Anyar, juara II, Endang Agustin utusan MI Ijtihadul Islamiyah, dan juara III Ruminten dari MI Deconing Scool Segenter. Sedangkan untuk lomba sanis (IPA), juara I Siti Raisa, MI NW Tumpangsari,  disusul M. Alwan Madani sebagai juara II dari MI Nurul Ihsan Salut dan juara III, Dewi Husada dari MI Nurul Hidayah.

Untuk tingkat MTs bidang Fisika, juara I  Uri Afriana siswa MTs. Baqiyatusshalihat, juara II Eka Farwati dari MTs. Al-Jihad dan juara III Agus Pratomi Mulyo utusan dari MTs Al-Jariyah NW. Bidang studi Matematika, juara I, II dan II masing-masing, Misiani, dari MTs Al-Hikmah Pemenang,  Siti Raqmah utusan MTs Riadul Jannah dan Ulfadiani dari MTs NW Menggala. Sedangkan lomba Biologi, juara I diraih  Mahraen dari MTs. Bayyinul Ulum Santong,  juara II, Saiful Ali dari MTs. Riyadul Jannah dan juara III, Baiq Fadia Ahmad dari MTs. Al-Hikmah.

Sementara untuk jenjang Madrasah Aliyah pada lomba bidang ekonomi, jura I, II dan III masing-masing, Yuliani dari MA. Hidayatul Muttaqon,  Siti Wahyningsih utusan MA Nurul Islam Kayangan dan  Zamratul Azmi dari MA Malaka. Bidang Geografi, juara I Sakban Abdullah dari MA Mubasyirun, Iin Herawati utusan MA Nurul Islam Kayangan, dan juara III, Ummi Yustiani dari Bayyinul Ulum Santong.

Dalam lomba bidang Biologi, juara I dan III diraih Tika Rahmawati dan Rizal budi Utara dari MA. Baqiyatusshalihat,  dan juara II, Muslim utusan MA Asyafiiyah. Bidang studi Matematika, juara I, II dan III, masing-masing Ruspandi, MA Nurul Ihsan Salut, Nikmatul Aini dari MA Bayyinul Ulum dan Fikri Hidayati dari MA Asya-Syafiiyah. Lomba bidang Fisika juara I dan II diraih Siti Maesarah dan Wahdian dari MA Baqiyyatusshalihat dan juara III, Baiq Indrayani dari MA Al-Hikmah Pemenang. Sedangkan lomba bidang Kimia, juara I Muhammad Islahuddin dari Al-Hikmah Pemenang, juara II  Nanda Yuu Fitri utusan MA Nurul Yaqin Malaka serta juara III, Astuti dari MA Sunan Kalijaga.

Kepala Kemenag KLU, Drs. H. Muallif MPd minta kepada semua juara untuk terus belajar meningkatkan ilmu pengetahuan yang bukan saja dibidang agama akan tetapi juga dibidang sains. Dan bagi juara I harus mempersiapkan diri mengikuti lomba sains tingkat provinsi NTB yang akan digelar 26 Juni mendatang. (ari) www.suarakomunitas.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar