Kamis, 05 Maret 2015

Jumlah Pemilih di KLU Meningkat

TANJUNG- KPU Kabupaten Lombok Utara (KLU)  menyatakan ada peningkatan jumlah wajib pemilih menjelang Pilkada KLU, Desember mendatang.

 ”Dari data awal yang diberikan Dukcapil ada peningkatan dibanding pemilih pilpres lalu,” ujar Ketua KPU KLU Fajar Martha, kemarin.

Dijelaskannya, dari hasil konsolidasi dan verifikasi awal dengan Dukcapil ada peningkatan wajib pilih sekitar 20 ribu orang dari tahun sebelumnya berjumlah sekitar 150.113 orang. Terdiri dari 86.400 pemilih laki-laki dan 86.500 pemilih perempuan, dari jumlah penduduk KLU sekitar 249 ribu hingga Januari 2015. Kenaikan didominasi pemilih pemula yang naik hingga 2 persen dari data pilpres.

 ”Untuk yang lain seperti warga yang balik setelah bekerja di luar negeri atau pendatang relatif lebih rendah,” paparnya.
  
Martha juga mengatakan pihaknya masih belum memastikan apakah data yang diberikan Dukcapil ini valid. Sehingga pihaknya akan melakukan verifikasi lebih dulu. Ini hanya sementara, nanti DAK2 dan DP4 diserahkan bupati kepadaKPU.
  
Lebih lanjut, Martha mengatakan dengan peningkatan yang didominasi pemilih pula yang usianya masuk 17 tahun per Desember mendatang. Pihaknya akan menjalin kerjasama dengan Dinas Kebudayaan Pendidikan dan Olahraga (Dikbudpora) KLU untuk mulai mensosialisasikan pelaksanaan pemilu. Meskipun tahapan belum dimulai.
 ”Kita sudah mulai koordinasi, Maret ini akan dimulai,” katanya.

Terpisah, Sekretaris Dukcapil KLU Rubain,mengatakan pihaknya sudah menyerahkan data sementara penambahan wajib pilih di KLU kepada KPU. ”Potensi data tambahan ini sudah kita serahkan ke KPU, tinggal KPU yang selanjutnya melakukan kroscek,” ujarnya singkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar