Senin, 02 Maret 2015

Bupati KLU Lepas Siswa SMK Kesehatan Hamzar Lakukan Prakerin

KLU,SK -Bupati KabupatenLombok Utara, H. Djohan Sjamsu SH,  2/3 melepas  29 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan Hamzar Bayan yang melakukan Praktek Kerja Industri (Prakerin) selama dua bulan di dua Puskesmas yang ada di Kecamatan Bayan.

Pelepasan yang berlangsung di komplek perguruan yayasan Maraqitta’limat Desa Anyar tersebut, selain dihadiri para siswa dan wali siswa juga hadir puluhan tokoh masyarakat serta Kadis Dikbudpora KLU, Suhrawardi, Sekdis Dikbudpora KLU, Adenan MPd, camat Bayan, Sahti dan para guru SMK Kesehatan Hamzar.

Bupati dalam kesempatan tersebut mengatakan, berbicara masalah pendidikan di KLU  merupakan program prioritas utama untuk meningkatkan sumber daya manusia. Karena tanpa adanya pendidikan dalam membangun KLU tidak ada artinya. “Sebagai wujud kita mengelola dalam bidang pendidikan ini, kalau didalam UU hanya disayaratkan anggaran pendidikan itu  hanya 20 persen dari total APBD. Tapi kita di KLU tidak terpaku pada UU, namun kita melihit sisi obyektif daerah kita, sehingga didalam APBD Lombok Utara, kita menganggarkan 20 persen dari total APBD KLU”, jelasnya.

Kepada pengelola lembaga pendidikan swasta diminta harus mempu bersaing dengan sekolah-sekolah negeri atau sekolah yang dikelola pemerintah. Karena keberadaan sekolah swasta ini menunjukkan bahwa pemerintah belum mampu 100 persen mengelola pendidikan. Sehingga perlu dibantu sekolah swasta.  Dan ini merupakan salah satu ikhtiar kita untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) KLU.

Atas nama pemerintah, Djohan Sjamsu mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Maraqitta’limat yang telah melakukan berbagai macam ikhtiar dan usaha dalam membantu membangun daerah KLU ini dalam berbagai lembaga pendidikan. “Terakhir saya ingat ketika pendirian STKIP Hamzar KLU oleh yayasan Maraqitta’limat, dimana saat itu saya menjadi Sekda yang memberikan rekomendasi peratama pendiriannya, dan sekarang sudah memasuki tahun ke 6 KLU ini, STKIP Hamzar sudah dua kali melakukan wisuda mahasiswanya”, ungkapnya.

Bupati mengharapkan kepada para siswa SMK Kesehatan Hamzar yang melakukan Prakerin untuk menjalankan programnya dengan baik, serta ilmu yang diperoleh selama Prakerin dapat diamalkan ditengah-tengah masyarakat. Demikian juga kepada pembimbing yang ada didua Puskesmas diminta untuk benar-benar melakukan pembinaan dan membimbing para siswa yang melakukan praktek lapangan.

Sementara Kepala SMK Kesehatan Hamzar Bayan, Rusman Hadi, S.Kep mengaku, ijin SMK Kesehatan Hamzar merupakan  ijin tercepat yang diberikan oleh pemerintah KLU. Ini terjadi karena  keberadaan mendapat dukungan penuh dari Bupati dan Dikbudpora KLU. “Tanpa dukungan pemerintah KLU tentu kami akan sulit menjalankan program lembaga  pendidikan ini.  Dan sebagai bentuk dukungannya selain memberikan ijin oprasional, juga pada tahun 2015 ini akan mendapat bantuan bangunan Ruang Kelas Belajar (RKB)”, katanya.

Hal senada juga disampaikan pimpinan cabang yayasan Maraqitta’limat Kecamatan Bayan, Adlan Mamnun. Menurutnya, yayasan Maraqitta’limat akan terus menjalin kerjasama dengan pemerintah terutama dalam bidang pendidikan, dakwah dan social kemasyarakatan.  “Dan selain kegiatan ini, Insya Allah dalam waktu dekat kita akan mengundang Bupati KLU dalam acara rutin pembacaan Auradul Maraqiyyah Akbar yang akan digelar dikomplekperguruan Maraqit Dusun Sembulan Batu Desa Senaru”, tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar