Senin, 01 September 2014

Warga Mandala Belum Merata Menikmati Air Bersih

Lombok Utara - Warga Dusun Mandala Desa Bayan Kecamatan Bayan yang berjumlah sekitar 162 kepala keluarga lebih ini belum merata menikmati air bersih.

Hal tersebut dikemukakan salah seorang tokoh masyarakat Mandala, Sariadi pada acara dialog dengan Wakil Bupati KLU, H. Najmul Akhyar dan anggota DPRD KLU dari PKB, Abdul Gani pada acara silaturrahmi yang berlangsung di musalla Nurul Iman Dusun Mandala kemarin.

Menurut Sariadi, dari 162  KK yang ada di Dusun Mandala baru 67 KK yang sudah dapat menikmati air bersih, sementara sisanya yang tinggal di kampung Kebon Seler belum mendapat aliran pipa air bersih. Akibatnya, mereka harus rela berjalan kaki ke hutan Mandala untuk mengambil air kebutuhan sehar-hari.

“Memang jarak antar hutan Mandala dan kampung tersebut hanya 300 meter, tapi jalannya yang menanjak, sehingga dibutuhkan perhatian pemerintah untuk membantu perpipaan air bersih sepanjang 3 km yang sumber mata airnya dari Paok Lendong Dusun Montong Baru”, kata Sariadi.

Selain itu Sariadi juga mengusulkan pengaspalan jalan menuju Dusun Mandala. “Tahun ini memang sudah diprogramkan pengaspalan jalan sepanjang 1,3 km dari Dusun Pada Mangko, namun belum bisa tembus ke Dusun Mandala. Jadi karena mengingat banyaknya jalan yang berlubang dan rusak, sehingga perlu diaspal”, pintanya.

Menanggapi usulan tersebut, Abdul Gani berjanji akan berusaha membantu serta akan memasukkannya dalam rencana anggaran KLU. “Semuanya sudah saya catat, dan nanti kami akan bahas bersama DPRD KLU terutama dewan yang berasal dari Dapil Bayan”, katanya.

Sementara Wabup KLU, minta kepada masyarakat Mandala untuk bersabar, karena pembangunan yang dilakukan pemerintah tidak bisa sekaligus, tapi secara bertahap karena mengingat KLU ini baru memasuki tahun ke 6. “Semua keluhan dan masukan dari warga ini menjadi catatan tersendiri dan akan menjadi bahan pembahasan dan pertimbangan ditingkat dewan dan pemerintah. Dan soal perpipaan air bersih kita barangkali nanti bisa membantu pipanya, sementara pengerjaannya dilakukan secara gotong royong oleh masyarakat”, jelasnya.

Disisi lain, Wabup minta kepada masyarakat untuk tetap bersatu membangun KLU yang lebih baik kedepan, termasuk meningkatkan SDM melalui lembaga pendidikan Madrasah Ibtidayah Maraqitta’limat  yang ada di Dusun Mandala. “Kita memiliki madrasah Maraqitta’limat yang didirikan oleh TGH. Hazmi Hamzar bersama warga ditempat ini, maka perlu dipelihara asset ini sebagai tempat menempa ilmu bagi anak-anak kita”, pintanya.

Dipenghujung acara silaturrahmi, H. Najmul Akhyar memberikan bantuan untuk pembangunan musalla Nurul Iman sebesar Rp. 2 juta serta untuk biaya akreditasi MI Maraqitta’limat sebesar Rp. 1 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar