Sabtu, 28 Desember 2013

Kemajuan Kabupaten Tergantung Kemajuan Desa

Lombok Utara - Indikator kemajuan Kabupaten Lombok Utara, (KLU) tergantung pada kemajuan ditingkat desa, karena pemerintahan desa itu adalah terdepan, sehingga dalam membangun itu harus diawali dari desa.

Demikian dikatakan Kepala BPMPPKB dan Pemdes Lombok Utara, Heryanto ketika ditemui di Bay Marina Tanjung 27/12/13. Menurutnya untuk membangun warga ditingkat desa perlu data yang lengkap, agar pemerintah tahu apa yang perlu dibangun.

“Intinya untuk membangun desa  adalah data, sehingga faktor penyebab kemiskinan warga itu jelas. Seperti kita mau membangun WC atau lantainisasi, tapi datanya tidak ada kan tentu itu percuma. Jadi data ini sangat penting sehingga perencaaan yang dlakukan ditingkat kabupaten dapat terukur sesuai dengan kebuthan masyarakat itu sendiri”, jelasnya.

Menjawab pertanyaan terkait adanya program pembangunan yang masuk desa tanpa melalui pemerintahan desa,  menurut Heriyanto, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan AKAD, karena semua pembangunan itu perlu kontrol dari masyarakat. “Kalau ada pembangunan tanpa diketahui pemerintahan desa bisa kita stop, karena keterlibatan masyarakat desa itu sangat penting”, tegasnya.

Dikatakan, beberapa kepala desa pernah mengeluhkan pembangunan yang masuk didesanya tanpa melalui pemerintahan desa, sehingga BPMPPKB Pemdes berupaya menyampaikan keluhan ini ke beberapa SKPD di Lombok Utara. “Semua pembangunan yang masuk didesa akan kita kawal bersama”, jelasnya.

Sementara PO Access Pashe II Lombok Utara, Nanik Muntohiyah menyambut baik komitmen pemerintah untuk mengawal pembangunan ditngkat desa. “Kita sudah memiliki Kader Pemberdayaan Masyarakat di semua desa yang ada di Lombok Utara yang dapat dimamfaatkan untuk mengawal pembangunan, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaannya”, kata Nanik Muntohiyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar