Sabtu, 30 November 2013

PNPM-MP Fasilitasi Review RPJM-Des

Lombok Utara  - Fasilitator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) Kecamatan Bayan, 30/11/13 memfasilitasi review Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM-Des) desa Karang Bajo.

Review RPJMDes selan dihadiri Kades Karang Bajo, Kertamalip, juga hadir tim 11 dan ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) PNPM Kecamatan Bayan, Rizal Bapadal.

Rizal Bapadal dalam kesepatan tersebut mengatakan review RPJM-Des bukan untuk kepentingan PNPM saja, tapi membedah kembali mana yang belum dan sudah terdanai. Selain itu memilah mana program desa yang didanai ADD, PNPM, dan APBD.

“Desa jangan hanya mengandalkan dana dari PNPM saja, tapi kita perlu melakukan terobosan ke instansi terkait sesuai dengan program yang diusulkan. Dan usulan tersebut perlu dikelompokkan, karena seringkali hasil Musrnbang-Des dan Musrenbang-Kec tidak dapat diakomodir pada Musrenbang tingkat kabupaten, karena usulan tersebut salah kamar”, jelas Rizal.

Sementara Kades Karang Bajo, Kertamalip mengaku, pada tahun 2011-2013 ini, ada perkembangan terbaru di desa Karang Bajo, seperti yang dilakukan oleh kelompok pemakai air yang telah membangun jalan usaha tani.

“Beberapa kelompok tani membuat proposal untuk pembangunan jalan usaha tani yang dikirim ke instasni terkait dan sudah terlaksana pada tahun 2012 lalu”, kata Kertamalip.

Sementara pada review RPJM-Des yang dilaksanakan oleh tim 11 yang diketuai, M. Syairi ini telah menghasilkan beberapa program usulan, baik melalui dana PNPM-MP, MP3KI ataupun melalui dana APBD, antara lain:
1.    Pembangunan perpipaan air bersih dari sumber mata air desa Bayan ke desa Karang Bajo dan desa Anyar yang akan dijadikan sebagai Perusahaan Air Minum Desa (Pamdes).
2.    Pembangunan padepokan di kampung adat Karang Bajo.
3.    Membangun jembatan penghubung antar Ancak dengan Dusun Karang Bajo.
4.    Pembangunan jalan usaha tani dari Dusun Oma Segoar Desa Senaru ke Dusun Pelabupati Desa Karang Bajo sepenajng 3 km.
5.    Pengerasan jalan dari Pelabupati ke Dasan Gerisak desa Anyar sepanjang 2 km.
6.    Pembangunan saluran irigasi pada cetak sawah baru Dasan Baro ke Dusun Kopang sepanjang 3500 meter.
7.    Pentaludan penahan banjir Dusun Lokok Aur Desa Karang Bajo dan Dusun Dasan Gerisak Desa Anyar 600 meter.
8.    Rabat jalan lingkar utara Gubug Adat Karang Bajo sepanjang 500 meter.
9.    Rabat gang dusun Kopang dengan volume 700 meter.
10.    Pembangunan gedung perpustakaan desa Karang Bajo.
11.    Pembangunan saluran irigasi Dasan Baro – Kopang sepanjang 1000 meter, dan
12.    Pembangunan rabat jalan dari Gol Munjit ke dusun Kopang 1000 meter.

Semua usulan tersebut dimasukkan dalam RPJM-Des Karang Bajo dan akan diusulkan pendanaannya baik melalui ADD, PNPM, MP3KI ataupun APBD dan APBN. Sementara yang belum terdanai dan sudah masuk dalam RPJM-Des adalah pengadaan alat siaran langsung (transmitter)  radio di kantor desa Karang Bajo dan pembangunan studio Rakom Primadona FM. (ari).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar