Minggu, 13 Januari 2013

SMK Maraqitta’limat Santong Buka Jurusan ATPH

Drs. Ilham (Kep. SMK MT Santong)
Lombok Utara, suarakomunitas.net - Sekolah  Menengah Kejuruan Maraqitta’limat (SMK-MT)  Santong Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara (KLU)  yang berdiri pada pertengahan tahun 2012 lalu, membuka jurusan Agro Bisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura (ATPH)

Demikian dikatakan kepala SMK MT Santong, Drs. Ilham ketika ditemui dikediamannya 13/1/13. Menurutnya SMK yang dirintrisnya sudah mendapat Ijin Oprasional dari Dinas Pendidikan Kebudayaan, Pemuda dan Olah raga KLU dengan nomor 421.3/1100/03.

“Dengan keluarnya Ijin Oprasional ini, Insya Allah bulan Maret mendatang, SMK ini akan mendapat bantuan bangunan satu Ruang Kelas Belajar (RKB)”, kata Ilham.

SMK MT didirikan di Santong, lanjut Ilham, berawal dari keprihatinan melihat anak-anak yang diasuh di Panti Asuhan Maraqitta’limat dan anak terlantar, yang setelah tamat SLTP tidak mampu melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, karena ketiadaan biaya transfortasi.

“Panti Asuhan ini sudah memiliki Madrasah Tsanawiyah atau setingkat SLTP, namun setelah tamat mereka tidak mampu melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi karena mengingat jarak SLTA dari desa Santong cukup jauh, sehingga untuk menampung anak-anak yatim piatu dan anak terlantar serta siswa lainnya, kami dirikan SMK ini”, jelas Ilham yang juga menjadi guru negeri di SMPN II Kayangan ini.

Kendati SMK MT Santong masih menempati ruangan di Panti Asuhan Maraqitta’limat namun tidak mengurangi antusias 30 siswanya untuk terus belajar. Demikian juga  dengan 19 tenaga pengajarnya yang rata-rata sudah menyandang titel sarjana yang mumpuni dibidangnya tetap aktif  menjalankan tugasnya termasuk 3 orang yang bertugas sebagai tata usaha.

“Satu hal yang cukup membanggakan, sekalipun SMK ini memiliki jurusan ATPH, namun pendidikan moral dan agama terus dilakukan, bahkan ada siswa kami yang sudah hafal 3 juz Al-Qur’an”, kata Ilham.

Menyoroti soal lokasi pembangunan, menurut kepala SMK-MT yang ramah dan murah senyum ini, pihaknya sudah menyiapkan lokasi pembangunan seluas 56 are, dan sudah dikunjungi oleh Kabag Humas KLU, Drs Jumarep, Kasi Kesra KLU, Drs. Ainal Yaqin dan Kabid Dikmen KLU, Adenan S.Pd. MPd. Dan pada bulan maret mendatang akan dilakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung bantuan pemerintah KLU.(Sabran dan Ari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar