Minggu, 21 Oktober 2012

Proyek Infrastruktur Tahun 2012 Diperkirakan Kwalitasnya Buruk

Lombok Utara, Suara Komunitas- Sejumlah pihak dan lembaga masyarakat memperkirakan kawalitas infrastruktur Kabupaten Lombok Utara tahun anggaran 2012 akan jauh lebih buruk dibandingkan dengan tahun lalu. Penilaian ini terjadi dikarenakan hingga pertengah akhir tahun sebagain besar proyek belum dikerjakan termasuk infrastruktur jalan.

Penilaian tersebut di lontarkan Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Nusantara Parliament Watch Kabupaten Lombok Utara, Bagiarti, SH Surakomunitas, Sabtu (20/10) kemarin. Menurutnya, penilain itu sangat wajar dan beralasan mengingat hingga bulan Oktober 2012 sebagian proyek fisik belum dikerjakan. “Kita khawatir kwalitasnya akan buruk, belum lagi musim hujan dan pekerjaan akan ternganggu termasuk pekerjaan cendrung dikebut oleh pihak kontraktor untuk mencapai target.

Dikatakanya, burukya kwalitas infrastruktur di KLU disebabkan karena beberapa faktor, seperti, lemahnya partispasi pengawasan dari masyarakat termasuk dari dinas terkait. “Kondisi ini kita lihat dari proyek infrastruktur tahun lalu yang rata-rata kwalitasnya kurang baik. Umur jalan misalnya hanya 4 hingga 6 bulan sudah rusak,”sebutnya. 

Selain lemahnya fungsi pengawasan, ada juga oknum yang bermain dengan proyek, caranya terlalu banyak mengambil keuntungan atau fee sehingga kwalitas dan kwantitas proyek cendrung dikurangi. “Banyak oknum yang meminta fee atau menjual proyek ke pihak tertentu untuk mencari keuntungan pribadi, “sindirnya.

Sekretaris Dinas PU Pertambangan dan Energi Kabupaten Lombok Utara, Agus Tisno,S.Sos dikonfirmasi terkait hal ini membatah kwalitas proyek tahun 2012 akan buruk, karena menurut dia waktunya masih panjang dan sudah diperhitungkan.”Tiga bulan pengerjaan sudah pasti dapat rampung, termasuk kita akan tingkatkan pengawasan dilapangan, “ungkapnya.

Memang yang kita khawatirkan jika musim hujan datang, yang rentan kwalitasnya buruk adalah inftrastruktur jalan jenis Lapen, sedangkan jenis Hotmix tidak menjadi persoalan meski musim hujan, “tambahnya seraya mengatakan semua proses sudah di selesaikan tinggal pengerjaan saja. (dam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar