Minggu, 21 Oktober 2012

Material Numpuk, Pelabuhan Gili Trawangan Kumuh

Lombok Utara, Suara Komunitas- Gili Trawangan sebagai salah satu daerah pariwisata andalan di Nusa Tenggara Barat tampaknya harus berbenah diri dari persoalan kebersihan dan sanitasi. Lihat saja pelabuhan Gili Trawangan sebagai pintu masuk kawasan pariwisata yang kali pertama di lihat para wisatawan asing dan domestik yang kini dipenuhi dengan tumpukan material bangunan yang setiap harinya bertambah. Ujungnya pemadangan mata pun tak sedap jika melihat tumpukan kerikil, batu, kayu dan berbagai bahan bangunan lainnya.

Sepintas pelabuhan tersebut yang seyogyanya harus ditata rapi dan apik, kini seakan sudah beralih fungsi sebagai gudang penyimpanan atau tempat khusus untuk bahan bagunan dan peralatan material lainnya. 

Cristin, salah satu wisatawan asing asal Australia kepada wartawan Sabtu (20/10) kemarin mengaku sangat terganggu dan tidak nyaman dengan pemandangan di sekitar pelabuhan Gili Trawangan. “ Gili Trawangan is beautiful beach, but verry dirty and many rubbish (gili Trawangan memiliki pantai yang indah tetapi di sekitar pelabuah dipenuhi sampah dan kotor-red), “ungkap Cristin dengan logat barat.

Sedangkan Ary, salah satu wisatawan asal Jakarta mengatakan, jika pihak pemerintah setempat membuat aturan tegas bagi pemilik material untuk di angkut dan dibereskan dalam waktu yang sudah ditetapkan, tentu sekitar pelabuhan tidak akan terkesan kumuh dan semerawut karena tumpukan bahan bangunan dan lainnya, “tutur Ary menyarankan.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi Informatika (Dishubparkominfo) Kabupaten Lombok Utara melalui Kepala Bidang (Kabid) Pariwsiata, Abdul Azis Abubakar menyatakan, pihaknya sedang melakukan sosisialisasi dan pendekatan kepada hotel dan pemilik material yang numpuk di kwasan pelabuhan gili Trawangan, kemudian akan ditindak lanjuti dengan surat resmi. Tetapi jika tidak di indahkan maka dinas akan melakukan tindak tegas dan penertiban, “singkatnya. (dam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar