Senin, 16 April 2012

Berinternet Yang sehat

Lombok Utara - Seperti diketahui perkembangan teknologi internet dewasa ini begitu pesat dan telah begitu memasyarakat, tidak hanya berlaku di kalangan dewasa namun juga di kalangan anak dan remaja termasuk para siswa 

Makin meratanya pengguna Internet di satu sisi memang sangat menggembirakan, di sisi lain meratanya pengguna Internet hingga sampai kepada pelajar tentu juga dapat  mengancam kerusakan dan dekadensi moral para pelajar, karena Internet bagaikan pisau bermata dua. Ada manfaat positif yang yang bisa diambil di sisi lain internet juga memiliki dampak negatif yang mengancam generasi penerus bangsa

Lalu seperti apakah berinternet sehat itu? Berikut beberapa pendapat pendengar Radio Komunitas Primadona FM dalam acara Gado-gado Ngetop 16/4 yang dimulai pukul 20.00 – 22.00 wita yang diasuh Embak Nia.

Ambara salah seorang pendengar Primadona mengatakan, internet memang disatu sisi cukup bermamfaat bagi generasi penerus untuk mencari hal-hal positif, seperti informasi, ilmu pengetahuan bahkan pelajaran sekolah. Namun disisi lain, internet juga membawa dampak negatif, bila yang di browsing yang berbau porno.

Sementara Bajang LA, berpendapat, bagi pengguna internet sebaiknya mengutamakan membuka situs-situs yang bermamfaat, seperti pelajaran sekolah atau lainnya. “Jadi jangan sampai membuka situs-situs yang tidak berguna. Dan intinya untuk menghindari dampak negatif itu, perlu meningkatkan iman dan taqwa.

Sedangkan Fetruk mengatakan, diinternet apapun yang dicari semuanya ada, sehingga sulit sekali menghindari dampak negatifnya. Namun ini semua kembali kepada pribadi orangnya. Dan salah satu untuk mengatasi dampak negatifnya itu adalah dengan meningkatkan ilmu agama sebagai filternya.

Fetruk menyarankan bagi generasi muda yang cukup rentan dengan dampak negatifnya, disini dibutuhkan pengawasan dari orang tua, dan alangkah baiknya, anak-anak yang masih berstatus pelajar diberikan hp yang tidak memilki fitur internet.

Embak Kemuning mengaku, bagi dirinya tidak pernah membuka internet. Namun demikian dia meminta kepada generasi muda untuk mencari hal-hal yang bermamfaat melalui internet.

Pendapat senada diungkapkan oleh puluhan pendengar lainnya yang sekaligus memberi masukan kepada para orang tua untuk terus mengawasi anaknya agar tidak membuka situs-situs yang berdampak negatif bagi kehidupannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar