Rabu, 16 November 2011

Pertumbuhan Penduduk Indonesia 1,49 Pertahun

Bandung, Jawa barat - Hasil sensus tahun 2010, jumlah penduduk di Indonesia 237,6 juta.  Dan diperkirakan pada tahun 2011 ini meningkat menjadi 241 juta jiwa. Ini artinya peningkatan penduduk setiap tahun 1,49 persen.

Hal tersebut dikatakan, Latif Rochyara, Koordinator Advokasi dan Informasi JRK Jawa Barat, pada acara pelatihan dan sosialisasi pengembangan Komunikasi Informasi dan edukasi (KIE) program kependudukan dan Keluarga Berencana (KB) melalui radio komunitas, di hotel Image Bandung (15/11).

Menurut Latif, program KB berhasil pada era Orde Baru. “Penekanan pertumbuhan penduduk di Indonesia melalui program KB lebih berhasil pada era Orba bila dibandingkan dengan era reformasi sekarang ini”, katanya.

Dikatakan, dengan membeludaknya jumlah penduduk  sudah tentu akan menurunkan tingkat kesejahteraan masyarakat. Karenanya sangat penting membatasi angka kelahiran melalui program KB.

Rakom dalam hal ini, lanjut Latif, tentu lebih tahu bagaimana caranya memberikan informasi dengan bahasa lokal setempat, sehingga warga komunitas bisa sadar akan pentingnya keluarga berencana. (ari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar