Kamis, 13 Oktober 2011

Virginia Sukses, Hutangpun Terbayar

Lombok Timur - Prospek tembakau Virgina Lombok Timur musim tanam tahun ini, bisa dikatakan meningkat pesat dibandingkan tahun 2010 kemarin, hal tersebut diungkapkan Amaq Sul salah seorang petani tembakau asal peneda desa Sakra Selatan [12/10].

Ditambahkannya lagi, meningkatnya produksi tembakau ini juga tidak seluruhnya membawa keuntungan bagi para petani, karena hasil keuntungan tahun ini digunakan untuk menutup hutang-hutang pada tahun lalu.

Musim tanam tembakau tahun ini juga banyak dikeluhkan para petani, terutama mengenai sumber energi untuk oven yang biasanya menggunakan minyak tanah  yang sekarang sudah terbatas dan dibatasi. Dengan kendala bahan energi yang terbatas, para petani tembakau menempuh jalur alternatif lain, seperti bahan bakar kayu, batu bara dan LPG.

Untuk musim tanam tahun mendatang, petani tembakau Virginia di Lombok Timur ini sangat berharap kepada fihak-fihak yang terkait, agar dapat meringankan dan membantu dengan meningkatkan pembinaan terhadap para petani tembakau yang ada di kabupaten Lombok Timur. Link: www.suarakomunitas.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar