Kamis, 13 Oktober 2011

Takut Meledak, LPG Dijual

Lombok Timur – Masyarakat kurang mampu di kabupaten Lombok Timur sekarang ini sudah dapat bernafas lega dengan adanya uluran tangan dari Pemda Lotim. Sepanjang tahun 2011 ini, Dinas ESDM Kabupaten Lombok Timur mengucurkan bantuan dalam bentuk pengadaan tabung dan alat memasak menggunakan energi LPG, untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu, terutama di kecamatan Masbagik. Dengan melangitnya harga minyak tanah yang menembus level harga Rp. 8.000,-/liter, menyebabkan masyarakat sekitar sangat terbebani.

Hampir seluruh desa di wilayah ini telah mendapatkan bantuan tabung LPG tiga kilogram beserta aksesoris memasak, yang diperuntukkan kepada masyarakat kurang mampu. Fihak desa maupun tingkat kekadusan, turun langsung mendata masyarakat yang tergolong kurang mampu dengan sangat ketat.

Akan tetapi, masalah sosial timbul akibat hal ini. Yaitu munculnya berbagai rumor dan isu yang menjadikan beberapa kalangan masyarakat yang belum faham akan kegunaan dan manfaat dari LPG, merasa ketakutan dan menimbulkan polemik yang belum secara tuntas dirampungkan oleh fihak-fihak yang terkait. Adapun ketakutan yang dirasakan adalah, kekhawatiran akan terjadinya ledakan dan kebakaran yang timbul dari salah cara menggunakan LPG. Sehingga banyak masyarakat yang menjual peralatan mereka tersebut secara sefihak dengan harga yang sangat rendah, berkisar antara Rp. 60.000,- sampai Rp. 80.000,-. Apalagi kalau isi tabung LPG telah habis, masyarakat tersebut malas mengisi ulang tabung mereka dengan berbagai alasan.

Sungguh disayangkan memang hal tersebut. Dinas ESDM Kabupaten Lombok Timur, seharusnya dalam menjalankan program bantuan pemberian peralatan memasak LPG ini, diikuti dengan pengawasan dan pembinaan kepada masyarakat tingkat bawah tentang, cara dan penggunaan serta manfaat LPG, agar tidak terjadi kesalahfahaman dalam masyarakat itu sendiri.

Divisi Penyiaran dan Pemberitaan BKL FM (Link: www.suarakomunitas.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar