Senin, 31 Oktober 2011

KSB Tetap Incar 7 Persen Saham Newmont

MATARAM- Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) turut mengincar kepemilikan sisa saham PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) 7 persen. Keinginan itu dilakukan setelah mendengar temuan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI yang menyatakan, telah terjadi pelanggaran penggunaan APBN yang dilakukan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) RI melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP) dalam membeli sisa saham tersebut.

Terhadap keinginan kuat Pemkab KSB tersebut, Bupati KSB, Dr. KH. Zulkifli Muhadli, berharap agar Gubernur NTB, TGH. M. Zainul Majdi, dapat memahami perasaan masyarakat KSB yang sangat menginginkan memiliki saham 7 persen PTNNT sebagai modal mensejahterakan masyarakat yang tinggal diwilayah tambang.

"Kita ingin mengiba dan menangis agar gubernur mengerti keinginan masyarakat KSB. Kami mengetuk hati Gubernur," tukas KH Zulkifli Muhadli kepada wartawan, usai bertatap muka dengan Komisi II DPRD NTB beberapa waktu lalu.

Kendati Pemkab KSB ngotot ingin membeli saham 7 persen tersebut, namun skema pembagian deviden akan tetap berlaku untuk tiga daerah yaitu 40 persen untuk KSB, 40 persen untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dan 20 persen untuk Pemkab Sumbawa.

"Keinginan Pemkab KSB memiliki sisa saham itu agar mampu memberi kesejahteraan lebih maksimal bagi masyarakat setempat. Tidak ada tujuan lain, selain kesejahteraan," ujar KH Zulkifli Muhadli.

Dia menjelaskan, pada dasarnya setuju dengan rencana beauty contest yang dilontarkan DPRD NTB untuk menjaring perusahaan mitra kerja dalam pembelian sisa saham yang bernilai sekitar 2 triliun tersebut.

Namun pihaknya membeberkan bahwa sudah jauh hari melaksanakan kegiatan beauty contest tersebut, sehingga melahirkan PT Titan Metals. "Perusahaan ini telah menjadi mitra Pemkab KSB dalam mengeksekusi saham 7 persen yang dilepas PTNNT," tegasnya.

Terhadap kebijakan itu, pihaknya mengakui belum melaksanakan komunikasi baik dengan gubernur maupun DPRD NTB secara kelembagaan terkait dengan upaya memperjuangkan kembali divestasi 7 persen saham PTNNT.(ded/kb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar