Selasa, 04 Oktober 2011

63 Delegasi Kemenag Empat Negara Kunjungi NW Pancor

Lombok Timur – Sebanyak 63 delegasi Kementerian Agama (Kemenag) empat negara Asean, Senin (3/10) mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Darunnadahdatain Nahdlatul Wathan (NW) Pancor, Lombok Timur. Keempat negara tersebut, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia dan Indonesia.
 
Kedatangan delegasi Kemenag empat negara itu diterima Gubenur NTB TGH. M. Zainul Majdi yang juga Ketua Umum Dewan Tanfiziyah PB NW Pancor, serta Ketua YPH PPD NW Pancor Hj Siti Rohmi Djalillah, Kepala Kantor Kanwil Kemenag NTB HL Suhaimi Ismy, Kepala Kantor Kemenag Lombok Timur HM. Muhsan HM. Yunus di gedung Perpustakaan Birrul Walidain NW Pancor.

Gubenur NTB TGH. M. Zainul Majdi dalam sambutannya mengatakan, kunjungan delegasi empat negara ini merupakan kehormatan bagi Ponpes NW Pancor pada khususnya dan NTB pada umumnya, dengan harapan akan membawa dampak positif bagi pihak delegasi maupun Ponpes yang dikunjungi.
 
“Mari kita manfaatkan kujungan ini, baik oleh para deligasi empat negara maupun yang dikunjungi. Terutama dalam menambah wawasan berpikir dan ilmu pengetahuan menjadi lebih banyak lagi,” ajak Gubernur. Terlebih lagi para delegasi Kemenag keempat negara ini, yang merupakan orang pilihan dan masih muda, yang memiliki kemampuan dan kecerdasan, akan dapat bermanfaat bagi diri sendiri maupun bangsa.

“Kami mengharapkan kepada para pemuda yang tergabung dalam delegasi ini, bisa bertukar pengalaman, baik di bidang ilmu pengetahuan umum maupun agama,” katanya seraya berharap, dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

Dikatakan Gubernur, meski miskin, NTB menyimpan banyak potensi yang tidak kalah dengan daerah lain, terutama terbangunnya kekuatan Islam yang sangat kuat, yang perlu untuk terus dikembangkan. “Persatuan dan kesatuan lebih dikedepan oleh umat Islam yang ada di NTB ini,  apalagi menjaga kerukunan dengan agama lain terus dilakukan. Sehingga tidak pernah terjadi kasus masalah agama,” tambah Gubernur.
 
Dalam kunjungan ini, para delegasi Kemenag empat negara ini akan mengunjungi tiga Ponpes di Pulau Lombok. Selain Ponpes NW Pancor, dua lainnnya, Ponpes Nuruh Huda Bagu dan Ponpes Aziziyah Gunung Sari, Lombok Barat.

Sementara perwakilan salah deligasi,  H. Amir Hirsam dari Brunai Darussalam, mengaku sangat terhormat dengan sambutan yang dilakukan di Ponpes NW Pancor ini. “Kami telah keliling ke beberapa Ponpes di Indonesia, baik di Jakarta, Jogjakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, maupun di NTB sendiri,” katanya.
 
Hal ini menurut dia, merupakan kegiatan rutin yang telah disepakati empat negara pada musyawarah yang digelar di Jokjakarta 2008 lalu. “Kegiatan seperti ini banyak manfaatnya. Apa yang didapatkan dari kegiatan ini, sudah tetntu akan ditularkan di masing-masing negara. Kegiatan ini merupakan pengalaman yang berharga bagi kami,” tutur Amir Hirsam. (dim/won) www.gomong.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar