Rabu, 06 Juli 2011

PT. BEGE NTB Sosialisasikan Tanaman Jarak Kepyar

Lombok Utara - Direktur utama PT. BEGE (Better Earth Green Energy) NTB, Jacly (6/7/11) mensosialisasikan tanaman jarak kepyar kepada kelompok tani Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara.

Jacly dalam pemaparannya mengungkapkan, bahwa PT. BEGE telah beroprasi di pulau Lombok selama tiga tahun dan mengembangkan tanaman jarak kepyar untuk diolah menjadi obat, alat kecantikan dan lainnya. “Kita jadikan Indonesia ini menjadi basis produksi jarak kepyar sebagai hasil tambahan untuk petani, karena jarak ini bisa ditanam silang dengan kacang, jagung atau lainnya”, katanya.

Dikatakan PT yang dipimpinnya itu telah banyak menginvestasikan modal di pulau Lombok dengan sistim kemitraan dengan petani. “PT akan memberikan bibit jarak secara gratis kepada petani, dan setelah panen langsung bisa dijual di PT. BEGE dengan harga Rp. 4000/kg”, jelasnya.

Sementara Kepala Desa Karang Bajo, Kertmalip dalam pengantarnya menegaskan, bahwa beberapa tahun lalu para petani pernah menanam jarak kepyar, namun setelah panen tidak ada pembeli yang dating, karena pihak PT menghilang. “Kejadian seperti ini yang menjadikan petani enggan menanam jarak”, tegas Kertamalip.

“Keberadaan PT BEGE ini mudah-mudah mampu membangkitkan semangat para petani untuk menanam kembali jarak kepyar, lebih-lebih akan dibantu pembibitan dengan harga yang sudah pasti dari pihak PT”, harapnya.

Acara yang berlangsung di aula kantor desa Karang Bajo tersebut selain dihadiri oleh kepala desa, juga tampak hadir beberapa kepala dusun dan kelompok tani yang berasal dari Karang Bajo dan desa Senaru. (Ari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar