Jumat, 06 Mei 2011

Ratusan Hektar Tanaman Padi Terancam Gagal Panen

Lombok Utara - Ratusan hektar tanaman padi di Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara pada musim tanam tahun ini terancam gagal panen, karena terkena puso.

Padi yang sudah berusia hampir tiga bulan ini, batang dan daunnya berwarna merah, sehingga tidak bisa berbuah. "Pade tiang talet niki selapukne wah abang sehingga taun niki dek tiang mauk panen (padi yang saya tanam semuanya berwarna merah sehingga tahun ini saya tidak dapat panen)", kata salah seorang petani yang enggan dipublikasikan namanya, di Desa Bayan dengan logat bahasa Sasak.

R. Sawinggih, salah seorang stap camat Bayan mengaku, bahwa pada musim tanam tahun ini banyak petani yang terancam gagal panen akibat terkena puso, sementara biaya yang dikeluarkan oleh para petani sudah cukup besar.

"Kegagalan panen ini selain disebabkan hujan yang turun terus-menerus juga unsur hara tanah sudah tidak ada akibat menggunakan pupuk dan obat-obatan yang mengandung zat kimia yang terlalu banyak", katanya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian,Kehutanan, Perikanan dan Kelautan Kecamatan Bayan, Munayip, Sp mengaku, pihaknya telah berusaha mengantisipasinya, namun akibat musim yang tidak menentu, sehingga membuat tanaman padi berwarna merah. "Kalau saya lihat hanya sebagian yang terkena padinya penyakit merah dan tidak sampai gagal total", jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar