Rabu, 18 Desember 2013

Tingkatkan Promosi, Pelaku Usaha Diarahkan Punya Blog

Lombok Utara - Pemerintah Daerah (Pemda) KLU c.q Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informatika (Dishubparkominfo) mulai mengarahkan pengetahuan pelaku usaha di KLU untuk melek IT (Information Technology). Salah satu upaya yang ditempuh SKPD terkait yaitu membimbing sejumlah pelaku usaha kreatif untuk belajar membuat dan memanfaatkan blog sebagai sarana promosi.

"Tahun ini total 6 kali kita memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM agar lebih mengenal dan memanfaatkan multimedia internet. Bahkan ada pelaku usaha yang punya Blog sendiri," ujar Kepala Dinas Hubparkominfo KLU, Sinar Wugiyarno, SH., melalui Kepala Bidang Kominfo, Kawit Sasmita, Sabtu (14/12).

Blog maupun berbagai media sosial dunia maya, menurut Kawit, merupakan barang baru bagi sebagian besar pelaku UMKM. Saat pelatihan, belum semua peserta memahami bagaimana cara kerja sistem IT itu. Padahal menurut Kawit, apabila pelaku UMKM sanggup menjalankan promosi jalur dunia maya, pengenalan dan transaksi produk menjadi lebih mudah, murah dan efektif dilakukan.

Pendekatan pengenalan promosi internet oleh Bidang Kominfo KLU, Kawit menyatakan akan berupaya memberikan pelatihan setiap tahun. Frekuensi dan kelas latihan sangat tergantung dari ketersediaan anggaran yang diberikan. Melalui Rumah Kreatif yang dibangun dan telah dimanfaatkan, Pemda berharap membuat minat pelaku UMKM untuk menjajal promosi dunia maya lebih meningkat dan berdampak pada angka transaksi produk yang dimilikinya.

"Pelatihan yang kita berikan dimulai dari pengenalan pengetahuan dasar, penguasaan IT, multimedia sehingga setiap UMKM bisa mengakses melalui kepemilikan Blog sendiri," jelasnya.

Rumah Kreatif yang berlokasi di ibu Kota Tanjung hingga kini tetap standby memberikan pelayanan gratis, minimal bagi pelaku UMKM yang ingin mengakses internet secara gratis. Ekspansi pengenalan dunia maya ke masyarakat juga diupayakan hingga ke tingkat Kecamatan. Di lingkup Dinas yang ada di Gondang, Kecamatan Gangga, Kawit mengisyaratkan adanya Warung Informasi Masyarakat.

"Warung informasi ini sudah disiapkan bangunannya, tinggal menunggu saluran Speedy-nya yang belum masuk. Tapi kita usahakan Warung Informasi ini sudah bisa dioperasikan pada akhir tahun 2013 ini," tandasnya.

Menyambung sarana dan prasarana yang disediakan ini, Kawit menyebut bahwa Dishubparkominfo telah memperoleh bantuan sebanyak 15 unit komputer - lengkap dengan koneksi internetnya, serta menawarkan sejumlah program bidang pendidikan bagi siswa tingkat SD - SMA dengan bentuk pembelajaran melalui kaset (CD), serta dibukanya layanan informasi jaringan kerja bagi masyarakat. (ari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar