Sabtu, 28 Desember 2013

Kolam Pemandian Hutan Adat Mandala Butuh Dukungan Pemda

Lombok Utara - Kolam pemandian yang dibangun Brithis Councel bersama Bank Mandiri kerjasama dengan Pemerintahan Desa (Pemdes) Bayan di hutan adat Dusun Mandala butuh dukungan Pemda KLU.

“Untuk penambahan fasilitas lainnya seperti tempat parkir, lapak pedagang, dan pembangunan kolam pemandian untuk anak tentu butuh dukungan dari Pemda KLU. Karena keberadaan kolam pemandian ini sebagai salah satu cara untuk mempertahankan kelestarian hutan adat dan budaya yang ada di KLU”, kata salah seorang tokoh muda Desa Bayan, Raden Sawinggih ketika ditemui dikediamannya 26/12/13.

Sejak dilounchingnya kolam pemandian hutan adat Mandala oleh Wagub NTB pada 6 Desember lalu, selalu ramai dikunjungi oleh warga yang ingin menikmati keindahan alam hutan adat dan sejuknya air kolam pemandian, lebih-lebih pada hari libur.

“Setiap hari kolam pemandian ini ramai dikunjungi oleh warga baik yang berasal dari Lombok Utara sendiri ataupun dari luar daerah, sehingga banyak pengunjung kadang-kadang tidak dapat berenang karena penuh”, kata Hadi, salah seorang pengunjung dari Sembalun-Lombok Timur.

Raden Sawinggih mengaku, bahwa pengelolaan hutan adat Mandala merupakan wujud hubungan Suku bayan dengan lingkungannya, yang menghargai dan menjaga keberadaannya sehingga memberi manfaat yang besar bagi Masyarakat Bayan.

Hutan Mendala merupakan hutan tutupan Adat yang artinya dilindungi secara adat dengan adanya Awiq-awiq. Luasnya tidak besar. Berdasarkan hasil pengukuran yg dilakukan dinas kehutanan pada tahun 2012 luasnya hanya 1359 m2. Cuma 0.13 ha.

Hutan Mandala juga lanjut Sawinggih diyakini masyarakat Bayan sebagai tempat sakral karena di salah satu bagian berbukit hutan ini terdapat Mesjid Bakeq atau mesjidnya para jin. Sumber mata air yang ada di Mandala diyakini  mempunyai hubungan lagnsung  dengan air yang berada di Danau Segara Anak Gunung Rinjani.

Dan untuk mempertahankan kelestariannya, tentu butuh dukungan semua pihak termasuk Pemda KLU terutama dalam hal pembangunan kelengkapan kolam pemandian yang sudah ada. (berita ini dimuat juga di www.suarakomunitas.net)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar