Minggu, 11 Desember 2011

LSDM Gelar Sosialisasi Lumbung Bersaing

Lombok Utara - Lembaga Satya Dharma Mataram (LSDM) 10/12, menggelar sosialisasi Lumbung Bersaing di Balai Pusaka Sebaya Tanta Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara.

Direktur LSDM, Baiq Indraningsih mengatakan, Lumbung Bersaing NTB merupakan program pemberdayaan dan pengentasan kemiskinan dalam rangka percepatan pencapaian target Millenium Develoment Goals (MDGs) yang meliputi multisektor yaiti ekonomi, pendidikan, kesehatan, teknologi dan lingkungan.

Azas penting dalam melaksanakan kegiatan Lumbung Bersaing NTB adalah dari-oleh dan untuk masyarakat, yang dalam proses kegiatannya ditekankan pada dua dimensi yaitu memberikan wewenang dan kepercayaan kepada masyarakat menentukan sendiri kebutuhannya, merencanakan dan mengambil keputusan secara terbuka dan penuh tanggungjawab serta menyediakan dukungan lingkungan yang kondusif, mewujudkan peran masyarakat dalam pembangunan, untuk upaya peningkatan kesejahteraan mereka sendiri.

Program ini dikembangkan di kabupaten Lombok Utara yang didasari dari hasil diskusi yang dikembangkan antar pengelola program dengan BPMPD NTB. Pemilihan KLU sebagai wilayah program karena mengingat IPM KLU terendah yakni 58,40 dari 10 kabupaten/kota di NTB. Selain itu berdasarkan data dari BPS 2010, prosentase kemiskinan di KLU mencapai 43,14 persen diatas angka kemiskinan provinsi yaitu 21,55 persen. Demikian juga dengan prosentase angka putus sekolah SMP 2009/2010 sebesar 4.08 persen diatas rata-rata 1,46 persen.

Tujuan sosialisasi ini, menurut Indraningsih agar semua pihak bisa mengetahui dan memahami program yang dilaksanakan, penyemaan presepsi untuk kelancaran dan keberlanjutan program serta membangun komitmen dan dukungan semua pihak.

Hadir dalam acara pembukaan sosiliasasi yang dilanjutkan dengan pelatihan fasilitator ini antara lain, kepala Bapeda KLU, Nanang Matalata, Kepala BPMPD NTB diwakili Chairul, Faskab PNPM KLU, Baiq Nurhayati serta puluhan undangan lainnya.(sk-010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar