Selasa, 18 Oktober 2011

Ratusan Ayam Mati, Diduga Flu Burung

Ilustrasi
LOMBOK TIMUR - Dugaan flu burung mulai menyerang wilayah kabupaten Lombok Timur. Hingga Senin (17/10) kemarin, di tiga dusun di desa Montong Betok, kecamatan Montong Betok, ditemukan kurang lebih 156 ekor ayam peliharaan warga mati mendadak. Berdasarkan hasil Rapid Test atau tes cepat yang dilakukan pihak berkompeten, dua sample terindikasi positif flu burung atau virus H5N1.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lombok Timur, Ir HL Khalid Tarmizi didampingi Kabid Kesehatan Hewan drh Heru Rahmadi, mengatakan, meski dua sampel yang ditest positif flu burung, namun pihaknya masih harus memastikan lagi dengan mengirim sampel yang sama ke Laboratorium Veteriner Denpasar, Bali.

“Memang hasil Rapidtest beberapa sampel yang diperiksa dua ekor diantanya terindikasi flu burung, tapi untuk memastikan, sampel itu ditindaklanjuti untuk diperiksa di laboratorium," katanya.
Menurutnya, jajarannya sudah melakukan langkah penyemprotan disinfektan kandang di lokasi ditemukannya kasus, serta mengisolasi guna mengatisipasi penyebarannya.(dy/kb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar