Jumat, 09 April 2010

STIKES Hamzar Buka Dua Program Sudi

LOMBOK TIMUR (Primadona) - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Hamzar yang terletak di Desa Mamben Daya Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur – NTB, pada penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2010/2011, membuka dua program studi yaitu S-1 Keperawatan dan program studi D-III Kebidanan.
STIKES Hamzar yang memiliki ijin dari Mendiknas nomor. 36 / D / O / 2009 dan ijin Depkes RI. No. HK.03.05/1/4/4953/2008, ini memiliki gedung kampus milik sendiri yang repsentatif dan dilengkapi dengan laboratorium, perpustakaan, media pembelajaran sesuai standar serta Hot Sort, asrama, lab komputer dan internet.
Sementara dalam program studi ilmu keperawatan S-1 dibagi dua yaitu regular atau jalu A yang menerima lulusan SMU atau sederajat, dengan kurikulum pendidikan yang dirancang untuk menghasilkan sarjana keperawatan dan Ners yang memiliki aspek kognitif, afektif dan psikomotor di bidang Keperawatan.
Selain itu para mahasiswa juga dibekali dengan penguasaan bahasa Inggris dan bahasa Arab untuk menghadapi era persaingan global yang dilandasi ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan nilai-nilai Islam.
Program pendidikan di jalur regular ini ditempuh selama 8 semester dengan gelar Akademik Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan menempuh program profesi selama 2 semester dengan gelar Ners (Ns). Para lulusan Ners dapat mengaplikasikan ilmunya pada semua tatanan pelayanan kesehatan dan bidang pendidikan.
Dan untuk program jalur B atau alih jenjang bagi lulusan D III Keperawatan, terutama yang ingin meningkatkan kompetensi dengan 3 kali semester dan memperoleh gelar S.Kep dan menempuh program profesi selama 2 semester dengan gelar Ns.
Mengingat tingginya angka kematian ibu dan bayi di NTB, tentu memerlukan berbagai terobosan. STIKES Hamzar sebagai salah satu institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan yang ada di NTB turut berperan aktif dalam upaya mendukung pemerintah untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak.
Salah satu upaya dilakukan adalah dengan menyelenggarakan program pendidikan Diploma III (D-III) Kebidanan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan serta mempunyai sikap professional. Program setudi D-III ini kebidanan ini diselenggarakan untuk menghasilkan tenaga Ahli Madya Kebidanan, yang meliputi tiori, praktek laboratorium, praktik klinik dan praktik kerja lapangan yang didesain sedemikian rupa sehingga dapat diselesaikan selama 6 semester (3tahun) dan memperoleh gelar Ahli Madya Kebidanan (A Md Keb). Para lulusannya ini juga dipersiapkan untuk dapat menjalankan profesinya secara mandiri.
Dan bagi pembaca yang berminat untuk masuk STIKES Hamzar dapat mendaftar di kampus induk di Desa Mamben Daya-Lombok Timur, atau ke studio Radio Komunitas Primadona FM, Jln. Pariwisata 04 Ancak Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan-Lombok Utara, Hp. 081 917 760 145. Email. ariprimadona@gmail.com. (M. Syairi)

4 komentar:

  1. Yayasan Maraqitta'limat mulai bangkit dengan visi misi pendirinya...saya bangga jadi anak Maraqitta'limat. BM

    BalasHapus
  2. Yayasan Maraqitta'limat semakin hari terus maju, dan kini sudah memiliki STKIP Hamzar di Kabupaten Lombok Utara. Maju Terus....

    BalasHapus
  3. smua fasilitasnya harus di tingkatkn agar bisa bersaing dg stikes yg lainnya..........okayyyyy

    BalasHapus