Jumat, 15 Januari 2010

Pembanguan Selesai Masyarakat Bersyukur

BAYAN-LOMBOK UTARA/Primadona Lombok: Pembangunan rabat jalan sepanjang 1030 meter yang didanai Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) di desa Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara sudah seratus persen selesai.

Demikian diungkapkan ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Bayan, Sabardi ketika dihubungi PRIMADONA LOMBOK di rumahnya di Dusun Mandala Desa Bayan sore tadi. Menurutnya Pembangunan rabat jalan yang menggunakan beton ini berada di dua tempat yaitu di sekitar Dusun Bayan sepanjang 700 meter dan sisanya jalan yang menghubungkan dari Pemendokan ke Dusun Mandala sepanjang 330 meter.

Selesainya pembangunan rabat jalan ini, lanjut Sabardi, berkat kerjasama pengurus TPK dengan pemerintah dan masyarakat Desa Bayan yang terus saling bahu membahu membangun desanya. “Alhamdulillah selama program PNPM ini, tidak pernah menimbulkan masalah yang berarti, kecuali hanya keterlambatan cairnya dana PNPM tahun 2009 kemarin, sehingga pembangunannya sempat mandek, dan sekarang ini sudah bisa diselesaikan”, katanya sambil tersenyum.

Pantauan PRIMDONA LOMBOK di lokasi pembangunan kemarin menunjukkan, bahwa beberapa kali pembangunan ini sempat tergerus air hujan, namun diperbaiki kembali oleh pihak suplayer yang memenangkan tender yang sekaligus mengawasi pengerjaannya bersama stap desa dan masyarakat setempat.

Beberapa masyarakat Dusun Mandala mengaku merasa bersyukur dengan dilakukan pembangunan rabat jalan ini, karena sebelumnya di jalur ini seringkali menimbulkan kecelakaan karena jalannya yang rusak, lebih-lebih pada musim hujan, disamping becek juga licin. “Perbaikan jalan ini sudah lama kami mimpi-mimpikan dan baru sekarang bisa diperbaiki dengan dana PNPM-MP”, tutur A. Ati warga setempat.

Saptalip salah seorang tokoh muda Dusun Mandala mengatakan, jalan ini memang menjadi kebutuhan masyarakat banyak, karena Mandala disamping dikenal sebagai penghasil gabah, jagung dan komak juga penghasil anyam-anyaman bambu yaitu bedek, yang penjualannya dibawa ke beberapa pasar yang ada di Kecamatan Bayan dan Kali Putih Lombok Timur. “Jadi dengan diperbaikinya jalan ini, maka sarana transfortasi pengangkutan hasil petani menjadi lancar”, tegasnya.

“Hanya saja masih ada jalan yang butuh perhatian dan bantuan pemerintah yang mengalami rusak parah yaitu jalan dari depan kantor desa Bayan menuju ke beberapa dusun di Desa Bayan, yaitu tanjakan Koloh Lepang. Dan bila tidak cepat diperbaiki dikhawatirkan akan tambah rusak dan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat, lebih-lebih musim hujan masih panjang”, kata beberapa warga Desa Bayan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar