Selasa, 15 Juli 2014

Hasil Pilpres Malaysia: Prabowo 82%, Jokowi 15%


Hasil Pilpres Malaysia: Prabowo 82%, Jokowi 15%


TEMPO.CO, Jakarta - Hasil rekapitulasi suara oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) memperlihatkan pasangan Prabowo-Hatta menang mutlak di Malaysia. Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 itu meraih 111.794 suara, atau 82 persen. Adapun pasangan Jokowi-JK hanya mendapatkan 22.891 suara atau setara dengan 15 persen. Sebanyak 4.184 suara atau 3 persen dinyatakan tidak sah. (Baca: Tim Prabowo Bantah Curang di Malaysia)

“Rapat pleno rekapitulasi suara di Malaysia sudah dilakukan kemarin,” kata Ketua PPLN Malaysia, Tengku Adnan, kepada Tempo, Selasa, 15 Juli 2014. Sore tadi Adnan berangkat dari Malaysia menuju Jakarta untuk melaporkan hasilnya kepada Komisi Pemilihan Umum. “Besok pagi saya memberikan laporan ke KPU,” ujar Adnan. (Baca: Jokowi Kirim Tim Usut Suara Curang di Malaysia)

Seperti ditulis Majalah Tempo edisi 14-20 Juli 2014, berbagai kejanggalan dan kecurangan terjadi di Malaysia. Di antaranya pengiriman surat suara melalui pos dan drop box. Setidaknya 246.626 surat suara yang dikirim melalui pos. Untuk satu alamat mendapatkan ratusan surat suara sebelum diserahkan kepada para pemilih. Surat suara juga dikirim ke alamat pemilik perusahaan, tempat para TKI bekerja.

Pemantau pemilu Malaysia dari Migrant Care, Siti Badriah, mengatakan sudah menyampaikan protes kepada PPLN Malaysia, karena pola pengiriman seperti itu rawan kecurangan. Seorang saksi mengungkapkan 2.500 hingga 3.000 surat suara dikirimkan ke kantor sejumlah partai politik cabang Malaysia. Bahkan seorang pengurus partai pengusung Prabowo-Hatta mengatakan ribuan surat suara dicoblos oleh anak buahnya. “Semuanya untuk nomor satu,” ujarnya sambil terkekeh.

Saksi dari kubu Jokowi-JK di KBRI, Indah Ernawti juga mengungkaapkan kecurangan. Pada satu kawasan di Selangor, semua surat suara sudah tercoblos untuk Prabowo-Hatta. Surat suara itu didrop melalui drop box.

Di sejumlah negara lain, seperti di London, rekapitulasi suara masih berlangsung, yang dimulau sejak tadi malam. Sedangkan di Belanda, rekapitulasi suara baru akan dilakukan siang tadi, pukul 11 waktu setempat. “Mungkin bisa hubungi kami lagi nanti malam, setelah rekapitulasi suara selesai dilakukan,” ujar Ketua PPLN Belanda, Moeljo Wijono, saat dihubungi Tempo.

Hari ini merupakan tahap terakhir rekapitulasi suara dilakukan di luar negeri. Hasilnya akan kembali direkap secara nasional oleh KPU bersamaan dengan data rekapitulasi suara dalam negeri.Sumber: www.tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar