Senin, 14 Juli 2014

Dicurigai Kubu Jokowi-JK, KPU Bangkalan Bantah Ada Kecurangan


Republika/ Yasin Habibi

Warga memberikan hak suaranya di TPS 01 yang bertema Piala Dunia, Desa Tentenan Timur, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Madura, Rabu (9/7).
REPUBLIKA.CO.ID, BANGKALAN - Komisi Pemilihan Umum Bangkalan, Jawa Timur, membantah pelaksanaan Pemilu Presiden 9 Juli 2014 di daerah setempat berlangsung curang, sebagaimana tudingan tim pemenangan pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Tidak benar ada kecurangan dan sampai saat ini belum ada laporan terkait tudingan kecurangan itu ke Panwaslu Bangkalan," kata Ketua KPU Bangkalan Fauzan Djakfar, Senin (14/7).

Bantahan ini disampaikan KPU Bangkalan, menyusul adanya rilis yang disampaikan tim pemenangan pasangan calon presiden Jokowi-JK yang menyebutkan telah menemukan adanya kecurangan dalam proses pelaksanaan pemilihan di Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Sampang.

Fauzan Djakfar menjelaskan, pelaksanaan pemilu di Bangkalan sudah sesuai proses dan tidak ada saksi yang memprotes saat pelaksanaan penghitungan di tempat pemungutan suara (TPS) maupun rekapitulasi di tingkat desa, yakni panitia pemungutan suara (PPS).

Penyelenggara pemilu di tingkat desa dan kecamatan sudah bekerja keras menyukseskan pelaksanaan pilpres, termasuk mendalami tahapan pelaksanaan pilpres sejak pemungutan suara hingga saat ini. Oleh karenanya, Fauzan meminta agar semua pihak tidak melontaskan pernyataan tanpa bukti yang bisa memicu terjadinya situasi dan kondisi pemilu yang tidak kondusif.

"Jadi kepada masing-masing tim sukses, tolong jangan intimidasi kami. Kami sedang bekerja keras dalam pilpres kali ini, dan kami masih akan menggelar rekapitulasi suara tingkat kabupaten. Karena rekapitulasi tingkat PPK sudah selesai," katanya.

Juru Bicara Tim Pemenangan Jokowi-JK, Ferry Mursyidan Baldan, dalam siaran persnya yang diterima Antara, di Jakarta, beberapa hari lalu menyebutkan ada beberapa hal yang dilaporkan masyarakat terkait dugaan kecurangan pilpres di dua kabupaten tersebut.

Pertama, dilaporkan ada tempat pemungutan suara (TPS) di Sampang maupun Bangkalan yang tidak ada sama sekali suara untuk pasangan Jokowi-JK. Artinya, pasangan Jokowi-JK mendapat nol suara. "Ini rasa-rasanya tidak mungkin, Karena di sana, pasti ada kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang memang mengusung dan mendukung pasangan Jokowi-JK," katanya kala itu.

"Selain itu ada kaum Nahdliyin yang bersimpati pada Jokowi-JK serta relawan dan Ansor. Jadi kalau suara untuk Jokowi-JK sama sekali kosong atau nol, saya kira itu mustahil. Jika muncul dugaan adanya kecurangan, wajar saja," kata Ferry.

Politikus Partai NasDem itu dalam rilis itu juga mengimbau agar pejabat pemerintah harus memastikan diri bersikap netral dan tidak menjadi bagian dari kekisruhan dengan mencurangi hasil pilpres.

Pihaknya mencatat dua kabupaten di Madura itu, yakni Bangkalan dan Sampang, selalu bermasalah dalam setiap pemilihan umum, baik pilkada gubernur, pemilihan legislatif dan terakhir pilpres ini. Hal itu patut dipertanyakan ada apa sehingga potensi masalah selalu terjadi di dua wilayah tersebut. Sumber:http://www.republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar