Senin, 23 Juni 2014

Jamaikan : Wiranto Dalang Kerusuhan dan Pelanggaran HAM


Ilustrasi pelanggaran Ham.(Foto/Ist)


Kabar7, Jakarta - Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Jaringan Mahasiswa Indonesia Untuk Keadilan (Jamaikan) meminta Komnas HAM segera tuntaskan kasus penculikan paksa aktivis pada 1997-1998, dan meminta kepada Komnas HAM memanggil Wiranto untuk diperiksa.
 
Menurut Kordinator Umum Jamaikan, Eko Wardaya, Wiranto adalah dalang dari kerusuhan dan pelanggar HAM pada Mei 1998.
 
"Maka dari itu kami meminta kepada Komnas HAM untuk segera menyelidiki Wiranto terkait pernyataan Prabowo yang menyebutkan tanyakan atasan saya saat debat Capres pertama," jelas Eko kepada Kabar7.com di Komnas HAM, Menteng, Senin (23/6/2014).
 
Bukan hanya pernyataan Prabowo, yang menjadi dasar dari Jamaikan menuntuk Komnas HAM untuk memanggil Wiranto, kesaksian Kolonel (purn) TNI Rudy, yang mengatakan pihak yang paling bertanggung jawab atas kerusuhan 1998 dan pelanggaran HAM tersebar adalah Wiranto, dan satu berkas catatan notulensi rapat yang ambilnya dari internet, juga menjadi dasar tuntutan Jamaikan ini.
 
"Atas dasar itu, kami meminta kepada Komnas HAM untuk segera memeriksa Wiranto, karena menurut kami yang memiliki peranan penting dan paling bertanggung jawab atas kerusuhan Mei dan penghilangan aktivis," jelasnya.
 
Eko mengungkapkan, tindakan yang telah dilakukan oleh teman temannya ini adalah sesuatu tindakan yang murni, tanpa terkait kepentingan politik manapun.
 
"Ini murni, atas dasar kita ingin menegakan keadilan di negara ini agar berjalan semestinya, dan saya menekankan ini tidak ada kepentingan politik sama sekali dan tidak ada kepentingan apapun dibalik ini semua," tutupnya.(Hdi/Lus) Sumber: http://kabar7.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar