Jumat, 24 Januari 2014

Material Longsor Tutupi Badan Jalan

Lombok Utara - Akibat longsor yang terjadi di Dusun Lokok Aur Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, hampir semua badan jalan raya tertutup material seperti pasir dan batu apung.
 
Kadus Lokok Aur, M. Tamrin mengaku, bahwa dusun yang dipimpinnya termasuk salah satu dusun ang langganan longsor pada setiap musim hujan, dan belum mendapat perhatian serius dari pemerintah.

“Dusun ini terletak dibawah bukit sehingga setiap tahun selain terjadi banjir juga longsor yang materialnya menutupi badan jalan. Hanya kita bersyukur hingga saat ini belum pernah ada korban jiwa, karena warga selalu waspada jika hujan turun”, kata M. Tamrin.

Bupati Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu, SH yang didampingi Kadis PU, Drs. HR. Nurjati dan Kepala BPBD KLU, Iwan Maret Asmara serja beberapa pejabat KLU ketika melihat lokasi longsor minta agar material yang menutupi badan jalan segera dibersihkan dengan menggunakan alat berat. Dan khusus di Dusun Lokok Aur, perlu mendatangkan konsultan untuk merancang pembangunannya agar tidak terjadi lagi longsor.

“Saya minta kepada Kadis PU untuk mendatang konsultan untuk merancang pembangunan guna mengantisipasi longsor yang setiap tahun terjadi di wilayah Dusun Lokok Aur. Selain itu juga perlu dibangunkan saluran yang memadai diatas tebing sehingga airnya tidak mengalir ke bawah agar longsor dapat dicegah”, pintanya.

Sementara Kadis PU, HR. Nurjati berjanji akan mendatangkan konsultan di Dusun Lokok Aur, karena mengingat pembangunan untuk menanggulangi bencana khususnya di Lokok Aur membutuhkan dana cukup besar. (ari/SK)


1 komentar: